Sektor usaha ritel masih sarat bermacam tantangan yang membelenggu. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah, adanya pergeseran perilaku konsumen berbelanja, yang terpengaruh kebiasaan saat pandemi Covid-19 lalu. Konsumen sudah terbiasa belanja di e-commerce.
Meski menghadapi tantangan, sektor ritel masih mampu berkontribusi ke pertumbuhan ekonomi. Data Bank Indonesia per Juli 2024 mencatat, Indeks Penjualan Riil (IPR) tercatat 212 atau naik 4,3%. Adapun Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) juga masih mengalami kenaikan tipis 0,08% menjadi 123,4.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.