Berita Makro

Pembayaran Bunga Utang Terus Meningkat

Rabu, 20 Maret 2024 | 05:10 WIB
Pembayaran Bunga Utang Terus Meningkat

ILUSTRASI. Panorama kota Jakarta dilihat dari ketinggian, pada Senin (15/1/2024). Bank Indonesia menyatakan, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tetap terjaga, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 29,3%, serta didominasi oleh ULN jangka panjang dengan porsi mencapai 87,1% dari total ULN.?BI mencatat ULN Indonesia pada November 2023 sebesar US$ 400,9 miliar, atau naik 1,82% dari posisi akhir Oktober 2023 yang sebesar US$ 393,7 miliar. (KONTAN/Cheppy A. Muchlis)

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan melaporkan, realisasi pembayaran bunga utang hingga Februari 2024 telah mencapai Rp 69 triliun. Realisasi ini meningkat 37% dari periode sama tahun lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, realisasi pembayaran bunga utang ini meningkat sejalan dengan jumlah utang pemerintah yang meningkat. "Jadi walaupun yield-nya stabil, tetapi jumlah  utang kita naik, maka pembayaran utangnya jadi lebih banyak," tutur dia dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Selasa (19/3).
Menteri Sri Mulyani juga menyampaikan, meningkatnya utang ini karena pemerintah membutuhkan pembiayaan yang besar, terutama pada saat pandemi Covid-19 berlangsung dan juga dalam rangka pemulihan ekonomi.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru