Berita Market

Pergerakan IHSG Dibayangi PSBB

Sabtu, 11 April 2020 | 05:39 WIB
Pergerakan IHSG Dibayangi PSBB

ILUSTRASI. Layar pergerakan saham di BEI, Jakarta (6/4/2020).

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat 0,48% ke level 4.649,08 pada penutupan perdagangan Kamis (9/4).

Dalam seminggu terakhir, IHSG berangsur bangkit 2,59%.

Tapi, investor asing masih mencatatkan aksi jual bersih. Kemarin, investor asing membukukan net sell sebesar Rp 514,18 miliar di seluruh pasar.

Baca Juga: Terpopuler: Saatnya beralih ke saham pemberi dividen, China siapkan skenario buruk

Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mengatakan, secara teknikal, IHSG terindikasi memasuki puncak fase minor bullish reversal dalam dua pekan terakhir.

Dari segi fundamental, Valdy menilai, investor juga merespons positif sejumlah stimulus ekonomi yang diumumkan Pemerintah. Kebijakan tersebut diharapkan dapat menjaga daya beli dan konsumsi masyarakat guna menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sebulan Lewat, Pengalengan Ikan Merek Cip Belum Juga Melunasi MTN Jatuh Tempo

William Hartanto, Analis Panin Sekuritas menyebut, volatilitas IHSG pada perdagangan Kamis lalu juga cukup tinggi. IHSG sempat turun signifikan dan berlanjut menguat, dengan net sell investor asing. "Data PHK karyawan juga turut memberikan prospek negatif bagi sebagian emiten," kata dia.

Selain itu, pelaku pasar juga merespons adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta, yang kemungkinan bakal diikuti oleh beberapa wilayah lainnya, terutama kota-kota yang menjadi penyangga DKI Jakarta. "Kebijakan ini diharapkan dapat mengoptimalkan penanganan Covid-19 di Indonesia," ujar Valdy pada Kontan, Kamis (9/4).

Baca Juga: Ratusan Izin Tidak Diperpanjang, Jumlah Wakil Manajer Investasi Menyusut

Sentimen perkembangan jumlah kasus Covid-19 di sejumlah negara juga masih mempengaruhi bursa. Rencana berbagai stimulus yang telah diumumkan oleh sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat (AS), juga turut mempengaruhi pergerakan IHSG sepekan ini.

Menurut Valdy, investor dapat melakukan akumulasi beli secara bertahap. Namun jangan terlalu agresif serta tetap waspadai potensi bearish continuation. Untuk pekan depan, Valdy memperkirakan IHSG bakal cenderung melemah dengan rentang support-resistance yang cukup lebar, yaitu di 4.300-4.800.

 

Terbaru