Berita Mata Uang

Pergerakan Rupiah Hari Ini (27/9) Masih Terpengaruh Sentimen Suku Bunga

Selasa, 27 September 2022 | 04:30 WIB
Pergerakan Rupiah Hari Ini (27/9) Masih Terpengaruh Sentimen Suku Bunga

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Efek kenaikan suku bunga The Federal Reserve dan Bank Indonesia masih akan mempengaruhi pergerakan kurs rupiah. Pelaku pasar kemungkinan masih akan merespons negatif normalisasi kebijakan moneter yang dilakukan bank sentral. 

Karena itu, koreksi di mata uang non dollar Amerika Serikat (AS) berpotensi terus berlanjut, termasuk di rupiah. "Dalam jangka pendek, capital flight diperkirakan berlanjut sehingga menimbulkan tekanan di pasar domestik," papar Reny Eka Putri, Ekonom Bank Mandiri, kemarin.

Baca Juga: Kurs Dolar AS Menguat Berkat Kenaikan Suku Bunga, IHSG Terkoreksi

Selain itu, sejumlah anggota Federal Open Market Committee (FOMC) akan memberi pernyataan dalam berbagai acara pekan ini. Menurut Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo, pelaku pasar akan mencermati pernyataan dari para petinggi The Fed ini.

Sutopo memprediksi rentang pergerakan rupiah hari ini ada di kisaran Rp 15.075-Rp 15.175 per dollar AS. Sementara Reny memperkirakan, kurs rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.068-Rp 15.155 per dollar AS, Kemarin, kurs spot rupiah turun 0,61% ke Rp 15.130 per dollar AS, level terendah sejak Mei 2020.

Terbaru