Berita Market

Proyeksi IHSG: Ada Potensi Rebound Usai Dilanda Panic Selling

Selasa, 28 Januari 2020 | 05:44 WIB
Proyeksi IHSG: Ada Potensi Rebound Usai Dilanda Panic Selling

ILUSTRASI. Karyawan melewati monitor pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Jumat (24/1/2020). IHSG ditutup melemah 0,08 persen atau 5,10 poin ke level 6.244,11. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: A.Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) jeblok di penutupan perdagangan kemarin, Senin (27/1). IHSG melemah hingga 1,78% ke level 6.133,21.

Menurut Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana, pelemahan IHSG kemarin tidak lepas dari mayoritas indeks global yang melemah. Sentimen utamanya, penyebaran virus corona ke beberapa negara.

Baca Juga: Kesepakatan Dagang AS-China Bikin Antam (ANTM) dan Vale (INCO) Berbeda Nasib

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani menambahkan, serangan roket ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Irak kemarin juga membuat seluruh indeks saham di dunia tertekan. Serangan tersebut menyebabkan panic selling yang kemudian menekan seluruh indeks saham global.

Tambah lagi, ada perombakan penghuni LQ45 dan IDX 30 yang mendorong rebalancing portofolio investasi. "Tapi, menurut saya, pelemahan lebih disebabkan karena serangan rudal. Sebab biasanya rebalancing tidak separah ini," kata Hendriko.

Baca Juga: Tiga roket jatuh di dekat Kedutaan Besar AS di Irak

Herditya melihat, IHSG kemungkinan melemah lagi di Selasa (28/1) lantaran minim katalis. Namun, secara teknikal ada peluang rebound.

Karena itu, proyeksi Herditya, IHSG hari ini menguat di support 6.050 dan resistance 6.170. Sementara Hendriko memproyeksikan, IHSG hari ini bakal menguat di rentang 6.100-6.218.

Terbaru