Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif Berlangganan Sekarang
Berita Bisnis

Saatnya Indonesia Punya Bank Syariah Kelas Kakap

Minggu, 18 Oktober 2020 | 11:41 WIB
Saatnya Indonesia Punya Bank Syariah Kelas Kakap

ILUSTRASI. Kementerian BUMN akan mewudjukan mimpi Indonesia punya bank syariah kelas kakap tersebut lewat aksi merger tiga anak usaha bank syariah berplat merah./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/09/2020.

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Tidak hanya bank konvesional yang ingin menjadi besar, bank syariah juga ingin menjadi raksasa dalam pertumbuhan bisnis di pembiayaan maupun penghimpunan dana. Kementerian BUMN akan mewudjukan mimpi tersebut lewat aksi merger tiga anak usaha bank syariah berplat merah.
              
Plt. Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Hery Gunardi mengatakan, merger antara BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah akan terjadi pada kuartal pertama tahun 2021 mendatang. Nah, bank hasil merger ini akan masuk menjadi bank 10 terbesar dengan posisi sebagai bank nomor tujuh terbesar.

Saat ini, total aset tiga bank syariah tersebut, tercatat mencapai Rp 214,6 triliun. Dengan target penyelesaian merger pada Februari 2021 mendatang, Hery mengatakan aset bank hasil merger ini akan terus naik mencapai Rp 220 triliun – Rp 225 triliun. “Laba juga bisa naik dua kali lipat menjadi Rp 2,2 triliun,” ucapnya.

Ini Artikel Spesial
Hanya dengan berlangganan Rp 10.000 selama 30 hari Anda dapat membaca berita pilihan, independen, dan inspiratif ini.
ATAU
Reporter: Nina Dwiantika
Editor: Dikky Setiawan

Baca juga