Berita Market

Saham MIKA Masuk Pengawasan Bursa

Kamis, 24 Maret 2022 | 07:15 WIB
Saham MIKA Masuk Pengawasan Bursa

Reporter: Kenia Intan | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencermati perkembangan pola transaksi saham PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) sejak Senin lalu (21/3). Bursa melihat indikasi pola transaksi yang tidak wajar pada saham MIKA yang di luar kebiasaan atau unsual market activity (UMA).

Analis Henan Putihrai Sekuritas Jono Syafei berpendapat, yang menjadi perhatian bursa adalah pergerakan sejak akhir Januari yang naik dengan cepat kemudian terkoreksi setelahnya.

Terhadap saham MIKA maupun saham-saham lain yang digolongkan UMA, Jono menyarankan menunggu pernyataan resmi emiten yang bersangkutan.

Dalam keterbukaan informasinya, manajemen MIKA menegaskan, peningkatan atau penurunan aktivitas transaksi serta pergerakan harga saham perseroan di bursa tergantung pada mekanisme pasar. "Berada di luar kendali manajemen perseroan," ujar Direktur sekaligus Corporate Secretary PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk Joyce V. Handjani dalam keterbukaan informasi, Selasa (22/3).

Asal tahu saja, MIKA berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham pada 11 Februari hingga 10 Mei 2022. Jumlah maksimum saham yang akan dibeli kembali  sebanyak 200 juta lembar dengan harga setinggi-tingginya Rp 2.500 per saham. Tapi, manajemen menyebut, tidak mengetahui informasi material yang dapat mempengaruhi pergerakan saham.  

Di luar itu, Jono menilai saham MIKA masih prospektif, terutama dengan rencana ekspansi rumah sakit. Dia merekomendasikan buy untuk MIKA dengan target di 2.750.

Analis MNC Sekurtias Herditya Wicaksana mengatakan, selama MIKA masih mampu bergerak di atas support 2.080, sahamnya bisa menguat, menguji 2.220 hingga 2.290.

 

Terbaru