Berita Bisnis

Semester II-2019, Industri Pariwisata Lebih Optimistis

Selasa, 23 Juli 2019 | 06:09 WIB
Semester II-2019, Industri Pariwisata Lebih Optimistis

Reporter: Amalia Fitri, Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri pariwisata dalam negeri mulai berseri-seri memasuki semester dua tahun ini. Situasi politik yang relatif kondusif usai pemilu ditambah kebijakan penurunan harga tiket pesawat untuk maskapai berbiaya murah menjadi angin segar bagi pasar pariwisata domestik.

CEO Pasific Asia Travel Assosiation (PATA) Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo mengungkapkan bahwa bisnis pariwisata domestik akan bertumbuh. Adapun penopang pertumbuhan pariwisata di semester kedua tahun ini adalah kesiapan infrastruktur yang semakin baik. "Juga terutama situasi politik di Tanah Air yang sudah semakin stabil," ungkap dia kepada KONTAN, Senin (22/7).

PATA merupakan asosiasi travel yang fokus menggaet wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Menurut Poernomo, menjelang pemilu lalu banyak wisman yang berpikir ulang untuk berkunjung ke Indonesia.

Selain itu, dampak mahalnya tarif maskapai penerbangan lokal menahan minat wisman ke Indonesia. "Usai pemilu dan situasi politik yang semakin stabil, serta aturan penurunan tiket maskapai, wisman sudah mulai kembali mengunjungi Indonesia," sebut dia.

Meski tak memerinci target kunjungan pelancong mancanegara, PATA berupaya bisa mendatangkan 1,2 juta turis asing. Pemerintah menargetkan kunjungan 20 juta wisman di sepanjang tahun ini.

Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata memproyeksikan, bisnis pariwisata akan terus bertumbuh jika melihat tren kenaikan dalam empat tahun terakhir. "Dari 2014-2018, pertumbuhan wisman mencapai 67,6%," ujar dia.

Sedangkan realisasi tahun lalu, pertumbuhan wisman meningkat 12,58% lebih besar dari pertumbuhan di ASEAN yang hanya 7,4%. Bahkan lebih besar dari pertumbuhan dunia yang cuma 5,6%.

Putu Ayu Aristyadewi, Group Vice President Marketing and Communication PT Smailing Tour and Travel juga optimistis kinerja perusahaan di semester II 2019 semakin menggembirakan. "Prospektif, melihat hasil yang memuaskan di semester I 2019," klaim dia. Oleh sebab itu, Smailing Tour sejak awal tahun terus menebarkan experience tour yang banyak diminati oleh kelompok angkatan kerja atau milenial.

Terbaru