Berita

Semester Pertama, Premi Asuransi Kapal Tumbuh 13,2%

Jumat, 23 Agustus 2019 | 07:14 WIB

ILUSTRASI. Kapal Petikemas Sandar di Pelabuhan Tanjung Priok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di saat asuransi kendaraan bermotor melandai, lini bisnis asuransi rangka kapal (marine hull) pada Semester I 2019 meningkat. Berdasarkan laporan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada semester pertama premi asuransi marine hull tumbuh 13,2% dari Rp 752 miliar menjadi Rp 851 miliar.

Asuransi rangka kapal memberikan proteksi atas kerusakan atau kerugian terhadap kapal, mesin dan perlengkapannya. Jenis asuransi ini juga memberi jaminan terhadap risiko laut dan risiko pelayaran lain.

Baca Juga: Aplikasi perencana keuangan Moneesa resmi meluncur, simak fitur-fiturnya 

Direktur Eksekutif AAUI Dody AS Dalimunthe mengatakan, premi marine hull memang naik. Namun lini bisnis ini memiliki kompleksitas tersendiri, karena itu tidak banyak asuransi yang bermain di lini bisnis ini.

"Sumber bisnis pun lebih banyak diperoleh dari perantara, selain perusahaan yang memiliki captive business," ujar Dody. Namun bisnis ini juga memiliki risiko yang cukup besar. Dody mengingatkan soal analisa underwriting terkait kondisi kapal, kepemilikan kapal dan penggunaan kapal itu sendiri.

Underwriter juga perlu memiliki kemampuan untuk memperhitungkan arus kas. Alasannya, potensi nilai klaim asuransi rangka kapal cukup besar. Selain itu, para underwriter ini juga perlu menganalisis jaringan reasuransi perusahaannya sekaligus memperhitungkan mitigasi fraud.

Baca Juga: Dana kelolaan DPLK BNI mencapai Rp 22,9 triliun hingga Juli 2019 

Salah satu pemain yang merasakan kenaikan premi di bisnis ini adalah PT Asuransi Wahana Tata (Aswata). Direktur Utama Aswata Christian Wirawan Wanandi mengatakan, pendapatan dari asuransi rangka kapal per semester pertama tahun ini Rp 7 miliar. Angka itu naik dari periode tahun sebelumnya, Rp 5,2 miliar

"Pertumbuhan ini didorong karena ada beberapa nasabah kami menambah jumlah kapal yang diasuransikan serta adanya nasabah baru juga," kata Christian kepada KONTAN Kamis (22/8) kemarin.

Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Narita Indrastiti

IHSG
6.219,44
1.82%
-115,41
LQ45
983,25
0.91%
-9,00
USD/IDR
14.020
0,50
EMAS
753.000
0,00%

Baca juga