Tahun baru bisa jadi peluang baru bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sudah berjalan atau yang baru akan buka. Namun, peluang itu baru bisa berlaku jika para pelaku UMKM menerapkan strategi yang jitu.
Hermawati Setyorini, Ketua Umum Asosiasi UMKM, bilang, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan UMKM, baik yang sudah jalan maupun yang baru mulai. Pertama, menentukan pasar yang ingin dituju untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Pelaku usaha harus mencari tahu pasar atau target konsumen dari produk usahanya. Jangan sekadar ikut tren.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.