Berita Market

The Fed Mulai Tapering, Pasar Obligasi Negara Tetap Kebal

Jumat, 05 November 2021 | 05:35 WIB
The Fed Mulai Tapering, Pasar Obligasi Negara Tetap Kebal

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku pasar akhirnya mendapatkan jawaban mengenai kepastian soal rencana tapering The Fed. Toh, analis yakin sentimen ini tidak akan berpengaruh besar ke pasar obligasi negara.

Kepala Ekonom Bank Central Asia David Sumual menilai, tapering yang berjalan saat ini berbeda dengan tapering di 2013. "Jadi, tahun ini, hanya tapering. Berbeda dengan 2013, tapering diiringi tantrum alias gejolak di pasar karena kebijakan mendadak," kata dia, Kamis (4/11). 

David melihat, pasar sudah priced-in dengan sentimen tapering. Kondisi dalam negeri juga cukup positif. Indonesia masih mencetak surplus neraca dagang, berbeda dengan di 2013 yang defisit 3%. 

Baca Juga: Banyak penerbitan obligasi korporasi, cermati tips berikut untuk memilih

Pengendalian Covid-19 juga masih berjalan baik dan konsumsi masyarakat mulai naik. Ditambah yield SBN masih menarik. "Jadi tidak ada alasan investor melakukan aksi jual, karena fundamental cukup baik," tutur David. 

Selain itu, kepemilikan investor asing di SBN juga mengerdil. Merujuk data DJPPR, per 3 November, kepemilikan asing di SBN cuma sebesar Rp 934,41 triliun. Jika dihitung sejak awal tahun, telah terjadi outflow Rp 39,5 triliun. Dalam seminggu, asing telah keluar Rp 15,79 triliun. 

Persentase kepemilikan investor asing juga turun jadi 21,24%, dari sebelum pandemi Covid-19 sebesar 35%-40%.Karena itu, David yakin tapering tidak memiliki andil besar pada outflow dana investor asing tersebut. 

David memprediksi, belum akan ada perubahan pada arah aliran dana investor asing dalam satu-dua bulan ke depan. "Ini tidak hanya di Indonesia, tapi semua emerging market," jelas David. Ia juga menilai, porsi kepemilikan investor asing di SBN sebesar 20%-25% sudah ideal. 

Sedikit info, The Fed memutuskan memulai tapering bulan ini dan mengurangi stimulus secara bertahap sebesar US$ 15 miliar. Jadi bulan ini, The Fed cuma membeli obligasi pemerintah US$ 60 miliar dan mortgage-backed securities US$ 30 miliar. Sebelum ini, The Fed membeli obligasi pemerintah US$ 70 miliar dan mortgage-backed securites US$ 35 miliar.

Baca Juga: Target sudah terpenuhi, pemerintah batalkan enam lelang SBN di sisa tahun ini

Terbaru