Berita Bisnis

Tokopedia Kantongi Pendanaan Senilai US$ 1,1 Miliar dari Alibaba dan Softbank

Rabu, 12 Desember 2018 | 12:28 WIB

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tokopedia mengumumkan telah mendapat suntikan dana segar sebesar US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 16,05 triliun. Pendanaan ini dipimpin oleh Softbank Vision Fund dan Alibaba Group Holding.  

Tokopedia mengatakan dana tersebut bakal digunakan untuk investasi dalam memperkuat basis teknologi dan infrastruktur. Rencananya, salah satu start up unicorn ini berencana fokus menggarap masalah inklusi finansial di Indonesia.

"Investasi tersebut dapat membantu memperluas skala dan jangkauan Tokopedia sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan akselerasi misi kami untuk pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia," papar William Tanuwijaya, CEO Tokopedia dalam keterangan resminya, Rabu (12/12).

Sebagai salah satu pimpinan dalam putaran pendanaan ini, Alibaba berencana melakukan ekspansi di pasar Asia Tenggara.

"Kami melihat misi perusahaan kami, memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja, tercermin dalam perjalanan Tokopedia," kata Kenny Ho, Head of Investment Alibaba Group untuk kawasan Asia Tenggara dan India.

Sayangnya, Tokopedia tak menerangkan valuasi dari ronde pendanaan kali ini. Namun, berdasarkan sumber dari Bloomberg menyebut valuasi start up yang berdiri tahun 2009 ini mencapai US$ 7 miliar.

Masuknya Alibaba lewat Tokopedia semakin mengukuhkan persaingan e-commerce asal China di Indonesia.

Asal tahu, saat ini selain Alibaba dengan Tokopedia, e-commerce asal China JD.com pun memperebutkan pasar tanah air dengan JD.id.

 


Reporter: Dian Sari Pertiwi
Editor:


Baca juga