Berita Market

Tren Harga Turun, Transaksi Aset Kripto Masih Tinggi

Kamis, 07 April 2022 | 03:40 WIB
Tren Harga Turun, Transaksi Aset Kripto Masih Tinggi

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasar aset kripto di kuartal I-2022 bergerak mendatar. Ekspektasi kenaikan suku bunga, inflasi, hingga konflik Rusia-Ukraina membatasi pergerakan harga berbagai aset kripto.

Di saat bersamaan, aset kripto minim sentimen positif yang bisa mengangkat harga aset kripto. Bitcoin sebagai aset kripto dengan kapitalisasi terbesar bergerak di US$ 34.000-US$ 45.000 per BTC.

Meski begitu, COO Tokocrypto Teguh K Harmanda mengklaim jika jumlah investor Tokocyrpto justru naik 26% menjadi 2,7 juta pengguna per akhir Maret 2022 dari akhir 2021 sebanyak 2 juta pengguna. "Sementara transaksi atau volume trading aset kripto sampai kuartal I-2022 mencapai US$ 300 juta-400 juta per minggu," ujar dia.

Baca Juga: Binance Pimpin Kontribusi Investor Dalam Bailout Pencurian Koin Digital US$ 615 Juta

Angka ini naik sekitar 60% dari pencapaian akhir Desember 2021 sebesar US$ 190 juta per minggu. Kenaikan tersebut tidak lepas dari sentimen positif dari pasar kripto lokal pada tahun ini. Mulai dari munculnya NFT Ghozali hingga proyek kripto lokal yang marak di awal tahun ini kembali mendongkrak pamor industri aset kripto. Alhasil banyak investor baru masuk.

Pria yang kerap dipanggil Manda ini mengatakan, imbas dari pasar kripto global yang stagnan seiring sentimen kenaikan suku bunga The Fed hingga ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina memang cukup menekan harga aset kripto.

CEO Triv Gabriel Rey tidak menampik, industri kripto memang cenderung kurang bergairah dari sisi harga aset kripto. Kendati begitu, ia mengaku, transaksi harian di Triv stabil, bahkan cenderung meningkat. "Di Triv sepanjang kuartal I-2022, setiap bulannya volume transaksi menembus Rp 1 triliun. Jauh lebih tinggi dari kuartal I-2021," terang dia.

Menurut Gabriel, saat ini para pelaku kripto sudah jauh lebih mature dibandingkan sebelumnya. Alhasil, saat pasar bearish dan dihantam berbagai sentimen negatif, tidak serta-merta membuat investor pergi.

Terlebih lagi, saat ini sudah terdapat banyak token yang memiliki fitur stacking sehingga investor tetap mendapatkan keuntungan. Gabriel mengaku perilaku stacking terlihat saat pada kuartal I-2022 di platform Triv.

Hal ini tercermin dari token Axie Infinity jadi token paling banyak ditransaksikan di Triv. "Stacking Axie ini bisa memberikan imbal hasil hingga 60% dalam setahun sehingga paling diminati para pengguna Triv," jelas dia. Koin Shiba Inu juga paling banyak ditransaksikan di Triv karena potensi keuntungan.

Baca Juga: Simak Lima Aset Kripto yang Berpotensi Memberikan Cuan pada Pekan Ini

Kalau di Tokocrypto,  Bitcoin (BTC) dan Binance Coin (BNB) menjadi aset kripto dengan volume tinggi. Menurut Manda, BTC kini menjadi aset lindung investasi. "Sementara BNB memiliki fundamental kuat dengan jaringannya banyak digunakan utilitas proyek kripto melalui Binance Smart Chain (BSC)," ujar dia.

Terbaru