Berita Perdagangan dan Jasa

Yuk, Ikuti Jalan Pertamina NRE Menjadi Penjual Karbon

Minggu, 10 Desember 2023 | 06:41 WIB
Yuk, Ikuti Jalan Pertamina NRE Menjadi Penjual Karbon

ILUSTRASI. Pekerja memeriksa sumur panas bumi di PLTP Lahendong unit 5 dan 6 Tompaso Sulawesi utara, Selasa (2/8/2022). Petamina Geotermal Energy (PGE) memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong unit 5 dan 6 terdiri dari 5 sumur produksi dengan total kapasitas produksi listrik 2X 20 MW untuk pasokan PLN./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/08/2022.

Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - Indonesia memasuki babak baru. Setelah selama ini hanya diperdagangkan di luar negeri, akhirnya kita memiliki pasar karbon sendiri. Kredit karbon (carbon credit) dapat diperdagangkan sebagai upaya  mengurangi tingkat emisi.

Konsepnya, perusahaan yang berhasil mengurangi emisi, dapat memperoleh izin untuk menjual emisi berlebih yang dimiliki kepada pihak lain. Sebelum dijual, kredit karbon akan melalui proses verifikasi untuk mendapatkan Sertifikasi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE-GRK) terlebih dahulu. Kalau sertifikasi sudah ditangan, perusahaan baru bisa menjual kredit karbon mereka.

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Bayar per artikel

Hanya Rp 5.000 untuk membaca artikel ini

Rp 5.000

Berlangganan dengan Google

Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran karena Google akan mengingat metode yang sudah pernah digunakan.

Terbaru