Berita Global

Zeekr Pasok Kendaraan Listrik untuk Armada Ride Hailing milik Alphabet

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:54 WIB
Zeekr Pasok Kendaraan Listrik untuk Armada Ride Hailing milik Alphabet

ILUSTRASI. Waymo?mampu menjadi taxi dengan teknologi kendaraan otonom level 4

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BENGALUR. Geely Holding China mengatakan unit usahanya, Zeekr akan menjalin kerjasama dengan Waymo, bisnis self driving milik Alphabet Inc.

Zeekr yang merupakan pembuat mobil listrik untuk pasar premium akan memproduksi kendaraan listrik yang akan digunakan sebagai armada bisnis ride hailing yang sepenuhnya otonom di Amerika Serikat (AS).

Kendaraan akan dirancang dan dikembangkan di fasilitas Zeekr di Swedia, dan kemudian diintegrasikan dengan teknologi self-driving Waymo, kata Geely pada hari Selasa.

Waymo mengatakan akan memperkenalkan kendaraan tanpa pengemudi ke jalan-jalan di AS pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Pembuat Kendaraan Pengiriman Swakemudi Ini, Gaet Google Alphabet Jadi Investor

Gambar konsep Waymo yang diterbitkan pada hari Selasa menunjukkan minivan yang lapang dan rendah dengan tempat duduk untuk sekitar lima pengendara dan pintu geser di setiap sisi yang berfungsi sebagai satu-satunya pintu masuk.

Waymo adalah layanan taksi tanpa pengemudi pertama dan satu-satunya di AS. Layanan ini telah dimanfaatkan oleh ribuan orang penumpang sejak meluncurkan setahun yang lalu di Phoenix.

Kemitraan dengan Zeekr akan membantu Waymo memperluas layanan ride-hailing tanpa pengemudi dalam menghadapi persaingan yang meningkat. Kerjasama ini juga membuka jalan bagi Geely untuk merambah pasar AS.

Terbaru