Berita *Regulasi

Kabar Gembira, Tagihan Dana Talangan Jalan Tol Rp 5,03 triliun Siap dicairkan

Rabu, 19 Juni 2019 | 08:20 WIB
Kabar Gembira, Tagihan Dana Talangan Jalan Tol Rp 5,03 triliun Siap dicairkan

Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) siap membayar tagihan dana talangan jalan tol periode Oktober 2018 hingga Januari 2019. Pembayaran tersebut akan dilakukan jika persyaratan yang sudah ditentukan sudah terpenuhi.

Persyaratan tersebut adalah sudah adanya laporan hasil verifikasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta permohonan pembayaran dari pihak terkait. "LMAN akan lakukan pembayaran setelah adanya laporan tersebut, dan permohonan pembayaran diterima," kata Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari kepada KONTAN, Selasa (18/6).

Nah, BPKP sendiri sudah tuntas menyelesaikan verifikasi terhadap dana talangan jalan tol periode tersebut. Adapun tahap verifikasi berlangsung dari 5 Mei sampai 29 Mei 2019. Verifikasi tersebut dilakukan berdasarkan angka yang diajukan oleh Badan Pengatur Jalan tol (BPJT) yakni sebesar Rp 5,03 triliun. Tagihan yang diverifikasi tersebut adalah tagihan pada periode 13 Oktober 2018 sampai 18 Januari 2019.

Rahayu menegaskan mulai minggu ini pihaknya bakal melakukan exit meeting atas hasil verifikasi BPKP tersebut. "Selanjutnya hasil dari exit meeting BPKP akan menyampaikan laporan hasil verifikasi kepada LMAN," terangnya.

BPJT sendiri, menurut Kepala BPJT Danang Parikesit, juga sudah mengirim surat permohonan pembayaran dana talangan jalan tol tersebut. Ada dua surat permohonan yang sudah BPJT kirim kepada pihak LMAN.

Pertama, adalah surat permohonan verifikasi dana talangan. Kedua, surat permohonan pembayaran dana talangan jalan tol. "Kami bulan lalu sudah melakukan rekonsiliasi untuk melihat posisi kelengkapan dokumen, termasuk yang eligible dibayar oleh LMAN," jelas Danang.

Sejauh ini, proses pembayaran dana talangan tersebut sudah berjalan dengan lancar meski tetap harus memerlukan sejumlah dokumen. Ia pun berharap proses pembayaran dana talangan jalan tol ke depannya bisa lebih sederhana lagi. Artinya tidak berbelit dan bisa lebih cepat.

Sejak 2016 jumlah dana talangan jalan tol yang ditagihkan mencapai Rp 36,35 trilin. Dari total tersebut, LMAN sudah membayar Rp 32,21 triliun. LMAN juga punya dana Rp 18,4 triliun untuk tagihan pembebasan lahan tol.

Terbaru