Berita Ekonomi

Aksi Merger & Akuisisi Global Semakin Semarak

Selasa, 03 Agustus 2021 | 09:05 WIB
Aksi Merger & Akuisisi Global Semakin Semarak

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Memasuki pertengahan tahun ini, aksi merger dan akuisisi kembali marak. Beberapa pebisnis mulai mengincar perusahaan sebagai bagian dari ekspansi.
Terbaru aksi  Square Inc yang berencana membeli perusahaan penyedia layanan paylater asal Australia Afterpay Ltd.  Square yang merupakan perusahaan milik pendiri Twitter, Jack Dorsey ini akan membeli Afterpay  sekitar US$ 29 miliar. Jika terealisasi, ini  akan menjadi akuisisi terbesar di Australia.

"Square dan Afterpay memiliki tujuan yang sama. "Bersama-sama, kami dapat menghubungkan ekosistem aplikasi tunai dan penjual dengan lebih baik untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih menarik bagi merchant dan konsumen," ujar Jack Dorsey, yang juga  Chief Executive Square, dikutip dari Reuters, Senin (2/8).

Bisnis berkembang

Bagi Afterpay, kesepakatan ini akan memberikan peluang berkembang pesat di Amerika Serikat (AS). Di wilayah ini pendapatan tahun fiskal 2021 naik hampir tiga kali lipat menjadi A$ 11,10 miliar atau setara US$ 8,15 miliar
Bisnis Afterpay memang belakangan sedang berkembang. Mereka menjadi pelopor sektor pembayaran online yang populer di tahun lalu. Hal tersebut terjadi karena lebih banyak orang, terutama anak muda, memilih untuk membayar dengan mencicil barang sehari-hari selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Popularitas yang berkembang, penyerapan yang cepat di antara pengguna dan peraturan yang relatif longgar telah menyebabkan pertumbuhan yang cepat di sektor ini. Bahkan dilaporkan hal tersebut telah mendorong Apple Inc  merencanakan layanan yang memungkinkan pembeli membayar  dengan cara mencicil.
Rencana akuisisi sebelumnya, peritel asal Inggris Morrison yang mendapat penawaran senilai  £ 6,3 miliar setara US$ 8,8 miliar dari grup atau yang dipimpin perusahaan pembelian AS Fortress dan Clayton, Dubilier & Rice (CD&R).
Sebelumnya Amazon.com Inc India disebut-sebut  dalam pembicaraan  untuk melakukan akuisisi saham perusahaan distribusi film. Termasuk jaringan bioskop, Inox Leisure.                                          

Terbaru