Berita Global

AS dan Sekutunya Membahas Kemungkinan Pemberlakuan Price Cap untuk Minyak Rusia

Selasa, 21 Juni 2022 | 11:41 WIB
AS dan Sekutunya Membahas Kemungkinan Pemberlakuan Price Cap untuk Minyak Rusia

ILUSTRASI. Menteri Keuangan AS Janet Yellen di Capitol Hill, Washington, AS., 7 Juni 2022. REUTERS/Evelyn Hockstein

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - TORONTO. Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya, seperti Kanada, tengah membahas upaya membatasi harga minyak yang dihasilkan Rusia. Upaya ini bermaksud membatasi pendapatan yang bisa dikantongi Moskow dari penjualan komoditas energi. 

“Kita berbicara tentang batas harga atau pengecualian harga yang akan meningkatkan dan memperkuat pembatasan energi baru-baru ini dan yang diusulkan oleh Eropa, Amerika Serikat, Inggris, dan lainnya, yang akan menekan harga minyak Rusia dan menekan pendapatan Putin, sambil memungkinkan lebih banyak pasokan minyak untuk mencapai pasar global," kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen kepada wartawan di Toronto.

"Kami pikir pengecualian harga juga merupakan cara penting untuk mencegah efek limpahan ke negara-negara berpenghasilan rendah dan berkembang yang berjuang dengan makanan dan energi berbiaya tinggi," kata Yellen, berbicara bersama Menteri Keuangan Kanada Chrystia Freeland.

Baca Juga: Tambah Portofolio Produk Snack Bar, Mondelez Akuisisi Clif Bar

Yellen mengatakan pengecualian harga adalah batasan efektif yang dapat dicapai melalui mekanisme untuk membatasi atau melarang asuransi atau pembiayaan untuk pengiriman minyak Rusia di atas jumlah tertentu.

Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan beberapa negara lain telah melarang impor minyak Rusia. Ttapi Uni Eropa tetap sangat bergantung pada minyak mentah Rusia.

Ditanya apakah Presiden AS Joe Biden berencana untuk mencari konsensus tentang rencana harga minyak pada KTT para pemimpin G7 di Jerman minggu depan, Yellen mengatakan: "Kami sangat aktif, secara aktif mengerjakan ini dengan mitra kami."

Freeland mengatakan Kanada "berpikir itu adalah ide yang sangat bagus" untuk mencoba membatasi pendapatan minyak Rusia, tetapi mengakui bahwa ini akan menjadi tantangan bagi negara-negara Eropa.

"Jalan ke depan di sini benar-benar untuk berbicara dengan mitra Eropa kami dan untuk mengenali, Anda tahu, betapa pentingnya mereka dalam pengambilan keputusan di sini," kata Freeland, menambahkan bahwa Ukraina juga perlu dimasukkan dalam keputusan apa pun.

Terbaru