Berita Bisnis

Aset Bank Masih Akan Tumbuh Hingga Akhir Tahun

Rabu, 18 Agustus 2021 | 06:40 WIB
Aset Bank Masih Akan Tumbuh Hingga Akhir Tahun

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Seluruh bank beraset jumbo telah merilis laporan keuangan semester pertama 2021. Mayoritas mencatatkan pertumbuhan aset sejalan peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang cukup besar dan mulai positifnya ekspansi kredit.

Dari sisi jumlah aset, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tercatat menjadi bank paling besar di Tanah Air. Total asetnya mencapai Rp 1.850,5 triliun per Juni 2021. Itu meningkat 16,26% year on year (yoy).
 
Sementara PT Bank Negara Indonesia  Tbk (BBNI) yang baru saja merilis laporan keuangan semester 1 2021 pada Senin (16/8) mencatatkan aset sebesar Rp 875,13 triliun atau naik 5% yoy. 
 
Namun, dari sisi pertumbuhan aset di periode tersebut, PT Bank Permata Tbk (BNLI) jadi jawara dengan pertumbuhan hingga 34,7% yoy menjadi Rp 212,9 triliun, disusul PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) dengan pertumbuhan aset 20,9% menjadi Rp 380,5 triliun. (lihat tabel). 
 
Aset Bank Permata tumbuh tinggi akibat masuknya Bangkok Bank sebagai pengendali saham anyar. Cabang Bangkok Bank di Jakarta dan Surabaya telah di integrasikan ke Bank Permata. 
 
Bankir melihat aset masih berpotensi tumbuh sampai akhir tahun.  Royke Tumilaar Direktur Utama BNI mengatakan, pada semester II ini masih ada ruang mendorong ekspansi kredit.
 
Aset BNI masih tumbuh di semester I meskipun sudah tidak mengkosolidasikan aset BNI Syariah setelah merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Pertumbuhan ini ditopang oleh kredit dan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang masih sama-sama tumbuh 4,5% yoy.
 
Sampai akhir tahun BNI menargetkan kredit bisa tumbuh sekitar 5%-7% yoy. "Ekspansi akan dilakukan secara hati-hati dan berkualitas," kata Royke, Senin (16/8).
 
Sementara pertumbuhan aset Bank Mandiri tidak lepas dari kontribusi dari aset BSI yang terkonsolidasi dengan laporan keuangan BMRI.  Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi bilang, Bank Mandiri optimistis bisa mencapai target kredit bank only tumbuh 6% yoy.   n

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru