Berita Ekonomi

Asia Tenggara Menjadi Tempat Investasi Terfavorit di Tahun 2019

Selasa, 15 Januari 2019 | 21:38 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebuah jajak pendapat pada Asian Financial Forum yang dihelat awal pekan ini menyebutkan, Asia Tenggara sebagai tujuan investasi terbaik di tahun 2019. Sebanyak 39% responden pada acara diskusi panel bertajuk "Global Investment in New Economny" yang berlangsung di Hong Kong itu, menjagokan Asia Tenggara.

Adapun sebanyak 35% responden lainnya, memprediksi China sebagai tujuan investasi terbaik tahun ini. Sementara 16% respon lainnya memilih Amerika Serikat.

Sebagai perbandingan, seperti diberitakan South China Morning Post, Selasa (15/1), tahun lalu sebanyak 55% responden menjagokan China sebagai tempat investasi terbaik 2018.

Pemilihan Asia Tenggara tentu ada dasarnya dan terkait dengan perang dagang antara China-Amerika Serikat. Dari konflik kedua negara tersebut, Vietnam dinilai akan mendapat berkah dari relokasi industri asal China.

Dari hasil survei PricewaterhouseCoopers (PwC), Vietnam menjadi negara terfavorit bagi banyak Chief Executive Officer (CEO) dunia dalam hal penempatan investasi di kawasan Asia Tenggara. "Selama dua tahun berturut-turut, Vietnam menduduki peringkat teratas," kata Raymond Chao, Chairman PwC untuk wilayah Asia Pasifik dan China, seperti dikutip South China Morning Post.

Sekadar catatan, pada tahun 2017 investasi langsung ke ASEAN mengukir rekor baru di level US$ 137 miliar dari sebelumnya US$ 123 miliar pada tahun 2016. Tiga negara yang terdiri dari Vietnam, Indonesia dan Singapura, menyumbang 72% dari arus masuk investasi asing langsung tersebut.

Reporter: Yuwono Triatmodjo
Editor: Yuwono triatmojo


Baca juga