Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif Berlangganan Sekarang
Berita Bisnis

Bank Ramai-Ramai Tagih Subsidi Bunga

Minggu, 05 Juli 2020 | 12:00 WIB
Bank Ramai-Ramai Tagih Subsidi Bunga

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Berbeda dengan pelaku bisnis di industri pembiayaan, kalangan perbankan di Tanah Air justru sangat antusias menjalan program subsidi bunga. Bahkan, sudah ada sejumlah bank yang mengajukan klaim atau penagihan atas subsidi bunga kepada pemerintah. Salah satunya adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). 
              
Bambang Setyatmojo, General Manager Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI, mengaku, pihaknya telah melakukan penagihan klaim subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) kepada pemerintah. Total nilai tagihan subsidi KUR yang diajukan BNI mencapai Rp 125 miliar dari sekitar 110.000 debitur. Tagihan sebesar itu untuk periode  April–Mei 2020.
              
Bambang mengatakan, dari kalkulasi perseroan ada sekitar 200.000 debitur KUR dengan nilai kredit Rp 20 triliun yang memiliki potensi terimbas pandemi. Sementara hingga April lalu, bank berlogo angka 46 ini setidaknya sudah memberikan restrukturisasi kepada 1.500 debitur KUR dengan nilai Rp 350 miliar.

Selain BNI, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) juga mengajukan tagihan subsidi KUR kepada pemerintah. Bahkan, tagihan subsidi bank wong cilik ini sudah cair.  Karena itu, BRI telah menyalurkan stimulus tambahan subsidi bunga KUR tahap pertama yang telah diterima dari pemerintah pada Selasa (30/6) kepada lebih dari 214.000 debitur KUR.

Ini Artikel Spesial
Hanya dengan berlangganan Rp 10.000 selama 30 hari Anda dapat membaca berita pilihan, independen, dan inspiratif ini.
Reporter: Dikky Setiawan, Nina Dwiantika
Editor: Dikky Setiawan

Baca juga