Berita Global

Bank Sentral China Terima Aplikasi Credit Scoring yang Terafiliasi dengan Ant

Sabtu, 27 November 2021 | 08:50 WIB
Bank Sentral China Terima Aplikasi Credit Scoring yang Terafiliasi dengan Ant

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Kantor pusat Ant Financial Services Group di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China, 24 Januari 2018. REUTERS/Shu Zhang/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Bank sentral China (PBOC), pada Jumat (26/11), menerima aplikasi untuk mendirikan usaha patungan penilaian kredit pribadi, yang mendapat dukungan dari Ant Group.

Jika mendapat persetujuan resmi dari regulator, Qiantang Credit Rating Co Ltd akan menjadi perusahaan penilaian kredit pribadi ketiga di China.

Perusahaan itu akan didirikan di Hangzhou, Provinsi Zhejiang dengan modal 1 miliar yuan ($ 156,50 juta), kata bank sentral. Ant dan afiliasinya yang merupakan raksasa e-commerce China, Alibaba, juga berkandang di kota yang sama.

Ant dan Zhejiang Tourism Investment Group Co Ltd yang didukung negara masing-masing akan memiliki 35% dari usaha tersebut, menurut sebuah pernyataan oleh People's Bank of China (PBOC).

Baca Juga: Bos Evergrande menjual saham buat bayar utang

Mitra lain yang didukung negara, termasuk Hangzhou Finance and Investment Group dan Zhejiang Electronic Port, masing-masing akan memegang 6,5%.

Transfar Group, pemegang saham non-negara, akan memegang 7%, sedangkan 10% sisanya akan dipegang oleh Hangzhou Xishu.

Hangzhou Xishu adalah entitas yang mengoperasikan rencana kepemilikan saham karyawan, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pendirian usaha tersebut merupakan bagian dari perombakan bisnis Ant yang diperintahkan oleh regulator yang menghentikan penawaran umum perdana (IPO) blockbuster November lalu.

Baca Juga: Pabrikan mobil asal China Chery ingin jadikan Indonesia basis produksi di ASEAN

Pemerintah telah mendorong perusahaan-perusahaan yang didukung negara untuk memberikan pengaruh lebih besar atas bisnis ekonomi baru yang tumbuh cepat tetapi diatur dengan ringan, Reuters telah melaporkan.

Ini juga berfungsi sebagai upaya bank sentral selama setahun untuk menghubungkan data pinjaman di antara berbagai platform pinjaman online, dan memperketat kontrol dalam berbagi informasi kredit untuk mencegah pinjaman berlebihan dan penipuan.

Sebelum Qiantang, bank sentral telah menyetujui Baihang Credit pada tahun 2018, agen kredit pribadi berlisensi pertama di China dengan sembilan pihak berinvestasi bersama, termasuk unit pemeringkat kredit Ant dan Tencent Holdings.

Ini memberikan persetujuan kedua untuk mendirikan Pudao Credit Rating pada Desember 2020, sebuah usaha antara lengan investasi pemerintah Beijing dan anak perusahaan raksasa e-commerce JD.com dan pembuat smartphone Xiaomi Corp.

Selanjutnya: Catat, ini cara mengurus kartu nikah digital bagi calon pengantin


Baca juga