Berita Market

BEI Akan Menggunakan Hitungan PER Trailing

Rabu, 01 Desember 2021 | 04:30 WIB
BEI Akan Menggunakan Hitungan PER Trailing

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) menyempurnakan metode perhitungan price earnings ratio (PER) dengan menerapkan metode trailing pada data yang tersaji di BEI, mulai Selasa (30/11). PER trailing dihitung berdasarkan kinerja keuangan perusahaan tercatat dengan menggunakan laba bersih periode empat kuartal terakhir.

Sebelumnya, BEI menggunakan perhitungan PER yang disetahunkan (annualized). Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono mengatakan, dengan metode perhitungan PER trailing, pelaku pasar dapat analisis fundamental dengan lebih akurat dan detail, serta lebih objektif dalam menentukan keputusan investasi. 

BEI mengubah metode penghitungan PER ini lantaran data ini termasuk indikator yang diperhitungkan dalam evaluasi indeks, saham marjin, evaluasi serta pemantauan perusahaan tercatat, dan lainnya. "PER trailing merupakan indikator populer para investor, manajer investasi, analis saham, dan sebagai indikator fundamental dalam berinvestasi," kata Yulianto dalam rilis, Selasa (30/11). 

Baca Juga: Saham-saham ini banyak diborong asing saat IHSG anjlok pada akhir bulan November 2021

PER market trailing dihitung dari median semua PER saham di BEI dengan laba positif dan di bawah batas ambang (threshold) yang ditentukan oleh BEI, yakni persentil 90%. Penggunaan persentil 90% sebagai threshold bertujuan sebagai mitigasi risiko perhitungan PER BEI yang berpotensi terjadi akibat outlier. 

Saham dengan PER positif ekstrem atau di atas persentil 90% dianggap sebagai outlier, sehingga tidak masuk dalam perhitungan PER pasar secara umum. Begitu juga dengan PER negatif akibat emiten mencetak laba negatif. "Informasi PER trailing dapat dilihat melalui situs BEI," kata Yulianto.

Baca Juga: IHSG ambruk 1,13% ke 6.533, saham-saham ini paling banyak dijual asing

Terbaru