Berita Refleksi

Bersiap Memulai Transisi Endemik

Oleh Barratut Taqiyyah - Redaktur Pelaksana
Jumat, 17 September 2021 | 09:05 WIB
Bersiap Memulai Transisi Endemik

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai Kamis (15/9), seluruh bioskop di DKI Jakarta resmi dibuka lagi. Dari sejumlah pemberitaan di media diketahui, antusias masyarakat untuk kembali menonton bioskop terbilang lumayan. Banyak dari mereka yang membeli tiket nonton secara online.

Maklum, sudah berbulan-bulan masyarakat tidak bisa pergi ke bioskop karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang pemerintah demi menahan laju penyebaran Covid-19. Nah, kemarin, masyarakat Jakarta yang "kangen"nonton akhirnya bisa membayar kerinduannya dengan bertandang ke bioskop.

Pembukaan bioskop khusus untuk wilayah PPKM Level 2 dan Level 3. Wilayah DKI Jakarta memang sudah turun level sejak beberapa minggu lalu, dari sebelumnya Level 4. Selain itu, ada 6 syarat lain pembukaan bioskop di masa PPKM.

Pertama, wajib menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk pengunjung dan pegawai. Kedua, kapasitas maksimal bioskop 50% dan hanya pengunjung kategori hijau saja. Ketiga, pengunjung usia 12 tahun ke bawah dilarang masuk.

Keempat, dilarang makan dan minum dalam area bioskop. Kelima, mengikuti protokol kesehatan yang diatur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Keenam, daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ditentukan oleh Kemenparekraf.

Pembukaan kembali bioskop pastinya menjadi keputusan yang dilematis bagi pemerintah. Di satu sisi, bisnis bioskop saat ini tengah megap-megap akibat pengetatan.

Kerugian yang harus ditanggung oleh pengusaha bioskop tak sedikit, mulai merumahkan karyawan, bayar listrik, hingga sewa mal. Namun, di sisi lain, pemerintah masih mencemaskan kemungkinan penularan virus Covid-19 yang masih mengancam.

Apalagi saat ini, kembali bermunculan varian-varian baru virus korona yang belum diketahui seberapa besar ancamannya.

Sebab itu pemerintah mulai mempersiapkan transisi pandemi Covid-19 menjadi endemik. Artinya, masyarakat harus menyesuaikan diri dengan pola pikir baru, yakni hidup dengan Covid-19.

Untuk itu, pekerjaan rumah besar untuk mempersiapkan mitigasi dengan memperbaiki ketimpangan layanan fasilitas kesehatan dan program vaksinasi di daerah.

Terpenting, sosialisasi protokol kesehatan ke masyarakat harus terus dijalankan. Mengutip  Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, apabila manusianya dikontrol, maka virus penyebab Covid-19 sulit bermutasi.             


Baca juga