Berita Global

Bisnis RLX Technology Milik Miliarder China Mulai Terganjal Regulasi (Bagian 3)

Kamis, 29 Juli 2021 | 21:42 WIB
Bisnis RLX Technology Milik Miliarder China Mulai Terganjal Regulasi (Bagian 3)

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - Kesuksesan yang diraih Wang  membangun RLX Technology memang cukup singkat. Hanya, bukan berarti Wang mendapatkan itu semua dengan kemudahan. Cukup banyak suka duka yang harus ia lalui hingga sekarang.
Pada awal memulai perusahaan tersebut, Wang bersama rekan-rekannya mengumpulkan pendanaan dari crowdfunding di situs e-commerce JD.com. Lalu, mereka juga berhasil mendapatkan sekitar US$ 6 juta dalam pendanaan awal dari IDG Capital dan perusahaan VC Beijing Source Code Capital pada Juni 2018.

Di saat pasar rokok elektrik di China belum sepenuhnya diatur, RLX Technology mampu merebut hampir setengah dari pasar vape domestik China pada tahun 2019. Keberhasilannya tersebut membuat semakin banyak investor yang melirik dan terbukti mereka kembali mendapatkan pendanaan sebesar US$75 juta dalam putaran Seri A dari Sequoia China dan investor miliarder Yuri Milner di tahun yang sama.
Kisah manis pun berlanjut, perusahaan ini juga berhasil berekspansi dengan membuka pabrik seluas 215.000 kaki persegi di selatan kota Shenzhen. Mereka juga melebarkan sayap dengan membuat toko utama di Shanghai dan sampai sekarang sudah ada 5.000 toko di lebih dari 250 kota di China.

Tag

Baca juga