Berita Market

Bukalapak (BUKA) Masih Fokus Meningkatkan Take Rate di Tahun 2022

Jumat, 22 April 2022 | 04:00 WIB
Bukalapak (BUKA) Masih Fokus Meningkatkan Take Rate di Tahun 2022

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menargetkan pendapatan tahun 2022 bakal lebih tinggi dibanding dengan realisasi tahun 2021. Pendapatan Bukalapak tahun ini ditargetkan dapat meningkat antara 44% hingga 61% menjadi senilai Rp 2,7 triliun-Rp 3 triliun.

Proyeksi kenaikan pendapatan ini sejalan dengan total processing value (TPV) yang diharapkan meningkat antara 39% hingga 47% menjadi Rp 170 triliun-Rp 180 triliun pada tahun ini. Sebagai gambaran, pendapatan Bukalapak di tahun 2021 tumbuh 38% menjadi Rp 1,87 triliun, dengan peningkatan TPV 44% menjadi Rp 122,6 triliun.

Presiden PT Bukalapak.com Tbk Teddy Oetomo mengatakan, pertumbuhan TPV akan lebih terlihat pada semester II-2022. Sementara di semester I-2022, Bukalapak masih fokus meningkatkan pendapatan melalui strategi specialty vertical, yang memungkinkan emiten pengelola marketplace ini memperoleh take rate yang lebih tinggi.

Tahun lalu, take rate BUKA sekitar 1,7%. "Dengan strategi specialty vertical, take rate bisa ke 4%, ada yang sampai 8%," kata Teddy di kantor pusat Bukalapak, Rabu (20/4).

BUKA juga fokus melakukan monetisasi di kategori bisnis yang memberikan pendapatan lebih baik. Sebagai contoh, platform gaming marketplace Itemku, yang diakuisisi Bukalapak tahun lalu. Kemitraan dengan Allofresh, yang merupakan bagian dari Trans Retail, juga menjadi salah satu bentuk penerapan strategi specialty vertical, agar suplai barang bisa lebih cepat kepada Mitra.

Mengingat Bukalapak fokus mendorong trafik ke area bisnis dengan margin lebih besar, emiten ini memprediksi masih akan mencetak kerugian di pos EBITDA tahun ini. Rugi sebelum pajak diprediksi Rp 1,4 triliun-Rp 1,5 triliun.

 

Terbaru