Berita Market

Dolar Menguat Ke Level Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Menuju Posisi Terendah

Jumat, 27 September 2019 | 23:01 WIB
Dolar Menguat Ke Level Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Menuju Posisi Terendah

ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas hari ini tergelincir dan ada di bawah US$ 1.500 per ons troi. Mengacu data Bloomberg, harga emas spot turun 0,5% menuju level US$ 1.497,13 per ons troi pada pukul 22.53 WIB.

Sementara emas berjangka Amerika Serikat (AS) turun 0,8% menjadi US$ 1.502,70 per ons troi.

"Alasan utama emas turun adalah karena dolar AS menguat ke level tertinggi terhadap euro dalam lebih dari dua tahun," kata Eugen Weinberg, Analis Commerzbank, kepada Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Tergelincir Hampir 1% Ke Level Terendah

"Namun, kami melihat, arus dana masuk dalam jumlah besar ke emas dalam beberapa hari terakhir. Ini menunjukkan, orang membeli saat harga turun dan mungkin pembelian lebih lanjut dengan harga sekarang di bawah US$ 1.500 karena prospek emas masih bullish," ujar Weiberg.

Indeks dolar terhadap sekeranjang mata uang utama dunia naik ke puncak tertinggi dalam tiga minggu belakangan. Penyebabnya, risiko dari ketegangan politik di AS yang meningkat memudarkan daya tarik safe-haven.

Sebuah laporan whistleblower yang keluar pada Kamis (26/9) menyebutkan, Presiden AS Donald Trump menyalahgunakan posisinya dalam upaya untuk meminta campur tangan Ukraina dalam Pemilihan Presiden AS 2020. Dan, Gedung Putih berusaha "mengunci" bukti percakapan telepon Trump dengan Presiden Ukraina.

Di sisi perdagangan, China menyatakan, bersedia membeli lebih banyak produk AS, dan pembicaraan perdagangan dengan Washington bakal memberikan hasil.

Ini terjadi setelah Trump memuji pembelian China dan mengatakan, kesepakatan perdagangan bisa datang lebih cepat dari yang orang perkirakan.

Baca Juga: Harga emas Antam stagnan di Rp 762.000

Sinyal positif dari perdagangan tersebut mengangkat bursa saham Eropa, mengimbangi kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global dan risiko politik yang meningkat.

"Cegah guncangan besar. Kekhawatiran resesi dunia yang membuat bank sentral melonggarkan kebijakan moneter memberikan lebih dari cukup alasan untuk mengharapkan harga emas melanjutkan reli yang menakjubkan pada 2019," kata Analis FXTM dalam keterangan tertulis.

 

Terbaru