Berita *Global

Eksekusi Opsi Pembelian, Musk Lantas Jual Saham untuk Lunasi Tagihan Pajak

Kamis, 11 November 2021 | 09:27 WIB
Eksekusi Opsi Pembelian, Musk Lantas Jual Saham untuk Lunasi Tagihan Pajak

ILUSTRASI. FILE PHOTO: Tesla Inc CEO Elon Musk dalam acara peluncuran Model 3 di Shanghai, China, 7 Januari 2020. REUTERS/Aly Song/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk menjual saham bernilai sekitar $ 1,1 miliar untuk menutupi kewajiban pajak atas pelaksanaan opsi, demikian isi keterbukaan informasi ke bursa, Rabu (10/11), yang diajukan miliarder itu.

Musk mengeksekusi opsi untuk mengakuisisi hampir 2,2 juta saham Tesla, dan kemudian menjual sekitar 934.000 saham. Jumlah yang dijual itu setara 0,5% dari total saham Tesla yang digenggam Musk.

Uang hasil penjualan digunakan Musk untuk melunasi tagihan pajak yang terkait dengan pelaksanaan opsi. Kewajiban itu muncul mengingat kekayaan Musk, yang dipatok oleh Forbes sebesar $281,6 miliar, terkait dengan kepemilikan sahamnya di Tesla.

Baca Juga: Elon Musk kehilangan Rp 717,475 triliun dalam dua hari! Ini sebabnya

Penjualan itu juga membebaskan Musk dari tagihan pajak atas kenaikan harga saham yang harus dia tanggung, jika dia menjual saham, tanpa menggabungkannya dengan pelaksanaan opsi.

Harga saham pembuat mobil listrik itu menguat 2% setelah berita tersebut.  Setelah terlanda aksi jual selama beberapa hari terakhir, penguatan itu menopang Tesla untuk bertahan di kelompok perusahaan US$ 1 triliun.

Musk pada Sabtu (6/11) lalu mensurvei pengguna Twitter tentang penjualan 10% sahamnya, memicu kekhawatiran bahwa penjualan semacam itu dapat merusak harga saham Tesla. Dalam sesi perdagangan hari Rabu Tesla pulih 4,3% menjadi $1.067,95.

Dalam pengajuannya, Tesla mengatakan Musk menjual saham pada hari Senin untuk memenuhi kewajiban pemotongan pajak terkait dengan pelaksanaan opsi saham untuk membeli 2.154.572 saham seharga $6,24. Itu merupakan diskon besar dari harga penutupan saham Tesla sebesar $1.068 pada hari yang sama.

Dia kemudian menjual 934.091 saham dengan harga mulai dari $ 1.135 hingga $ 1.196.

Sementara Tesla telah kehilangan hampir $150 miliar nilai pasar minggu ini, investor ritel telah menjadi pembeli bersih saham tersebut. Sekitar 58% dari pesanan perdagangan Tesla di situs pialang Fidelity pada hari Rabu adalah untuk pembelian, bukan penjualan.

Investor ritel melakukan pembelian bersih sebesar $ 157 juta pada hari Senin dan Selasa, menurut Vanda Research.

Baca Juga: Wow, harga Bitcoin berhasil tembus level all time high

Tesla sekarang naik lebih dari 51% pada tahun 2021, sebagian besar berkat reli yang terjadi selama Oktober yang didorong oleh kesepakatan untuk menjual 100.000 kendaraan ke perusahaan rental mobil Hertz.

"Perusahaan itu sendiri sedang on fire, dengan hasil yang kuat," kata Tim Ghriskey, ahli strategi portofolio senior di perusahaan manajemen investasi yang berbasis di New York, Ingalls and Snyder. "Itu tidak akan memudar dengan cepat."

Sentimen bullish kembali ke opsi Tesla pada hari Rabu, dengan sekitar 1,1 call diperdagangkan untuk setiap put. Panggilan biasanya digunakan untuk perdagangan bullish, sementara pembelian menunjukkan bias bearish.

Opsi perusahaan menyumbang sekitar $ 109 miliar dalam bentuk premium yang berpindah tangan selama dua minggu terakhir, atau sekitar satu dari setiap tiga dolar yang diperdagangkan di pasar opsi yang terdaftar di AS, menurut analisis Reuters dari data Trade Alert.

Selanjutnya: Operator-operator Telko Malaysia Meragukan Transparansi dan Harga 5G Skema Pemerintah

 

Terbaru