Berita Global

Ekspansi di Asia Pasifik, KKR Galang US$ 1,1 Miliar Melalui Credit Fund

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:44 WIB
Ekspansi di Asia Pasifik, KKR Galang US$ 1,1 Miliar Melalui Credit Fund

ILUSTRASI. Logo KKR & Co terlihat dalam layar di NYSE, New York, AS, 23 Agustus 2018. REUTERS/Brendan McDermid

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. KKR menggalang dana senilai US$ 1,1 miliar melalui penerbitan credit fund pertama di Asia. Hasil dari transaksi penggalangan dana pertama terbesar di Asia Pasifik itu, akan disalurkan kembali oleh KKR sebagai pembiayaan utang ke perusahaan.

Pertumbuhan private credit fund mengalami percepatan di Asia selama beberapa tahun terakhir, sebagai sumber alternatif pendanaan untuk perusahaan. Investor tertarik credit fund karena instrumen itu menawarkan potensi pengembalian lebih tinggi.

Dalam pernyataan tertulis pada Rabu, KKR mengatakan bahwa Asia Credit Opportunities Fund, menjelang final close, menerima dukungan kuat dari investor termasuk dana kekayaan negara, perusahaan asuransi dan kelompok investasi swasta.

Baca Juga: Airbnb Akan Menutup Semua Layanan di China Daratan Mulai Akhir Juli Tahun Ini

"Ada ketidakseimbangan pembiayaan yang tersedia untuk bisnis Asia pada saat pertumbuhan dan kemakmuran kawasan telah memicu permintaan yang sangat besar untuk solusi pendanaan yang lebih fleksibel oleh peminjam yang ingin menangkap peluang," kata Brian Dillard, kepala Kredit Asia di KKR.

KKR menginvestasikan lebih dari US$ 100 juta bersama investor eksternal melalui neraca dan komitmen karyawan.

Dana tersebut bertujuan untuk menargetkan investasi terutama dalam "melakukan kredit yang berasal dari swasta" dan memanfaatkan peluang di tiga tema investasi utama, termasuk pinjaman korporasi senior dan unitranche, pinjaman korporasi subordinasi, dan investasi keuangan berbasis aset.

Baca Juga: Peringatan NATO: Barat Tidak Boleh Memperdagangkan Keamanan Untuk Keuntungan Ekonomi

Dana ekuitas swasta besar dan perusahaan investasi juga telah meluncurkan dana kredit khusus Asia, dengan beberapa di antaranya berfokus pada peluang yang sulit.

KKR mengatakan telah melakukan 14 investasi kredit di Asia Pasifik sejak 2019, dengan total $2,4 miliar, termasuk pembiayaan akuisisi dan pendanaan modal yang dipesan lebih dahulu untuk perusahaan dan sponsor keuangan. Sekitar selusin berasal dari dana terbaru.

KKR mengelola sekitar US$ 184 miliar aset kredit secara global.

Sejak mendirikan kehadirannya di Asia Pasifik pada tahun 2005, KKR kini memiliki sekitar 300 penasihat senior dan eksekutif di wilayah tersebut. Angka itu termasuk sekitar 10 spesialis kredit khusus.


Baca juga