Berita

Google Ikut Mencuil Proyek Belajar Online

Rabu, 04 Agustus 2021 | 06:00 WIB
Google Ikut Mencuil Proyek Belajar Online

Reporter: Dimas Andi | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Google dipastikan terlibat dalam proyek pengadaan laptop di sektor pendidikan mulai 2021. Hal ini setelah Google mengumumkan enam produsen laptop lokal akan memproduksi Chromebook pada tahun ini.

Chromebook adalah laptop yang memiliki sistem operasi ChromeOS buatan Google. Adapun enam produsen laptop lokal itu adalah Advan, Axioo, Evercoss, SPC, TSMID, dan Zyrex. 
 
Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengemukakan, pengembangan teknologi di bidang pendidikan sudah menjadi misi penting bagi Google. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 kebutuhan perangkat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) kian meningkat seiring tuntutan kegiatan belajar mengajar virtual.
 
“Ada 170 juta pelajar di seluruh dunia yang mengandalkan alat-alat dari kami. Google berusaha menghadirkan teknologi yang terjangkau untuk pendidikan,” ujar dia dalam acara Google for Education secara virtual, Selasa (3/8).
 
Untuk membantu memodernisasi teknologi di bidang pendidikan, Google mengumumkan bahwa laptop Chromebook yang menggunakan sistem operasi ChromeOS akan diproduksi di Indonesia oleh para produsen lokal.
 
Keenam produsen laptop ini diharapkan dapat merekrut ribuan pelajar SMK untuk membantu produksi dan pasca produksi Chromebook. “Pihak OEM ini akan bermitra dengan sekolah kejuruan untuk mencapai target-targetnya,” imbuh Randy.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto menyatakan, proyek ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendigitalisasi sekolah mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.
 
Pemerintah pun menyediakan anggaran Rp 3,7 triliun untuk pengadaan barang TIK produksi dalam negeri di tahun ini yang mana sebagian besar ditujukan untuk pengadaan laptop.
 
Dari total anggaran Rp 3,7 triliun tersebut, Rp 1,3 triliun di antaranya berasal dari anggaran Kemendikbudristek dalam APBN Pusat, sedangkan Rp 2,4 triliun berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pendidikan tahun ini.
 
“Anggaran ini tak hanya untuk laptop, melainkan peralatan TIK lain seperti access point, proyektor, dan sebagainya,” ungkap Wikan di acara yang sama, Rabu (3/8).
 
Ia juga menegaskan, harga laptop Chromebook untuk bidang pendidikan mengacu pada e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). E-katalog ini berisi daftar harga yang didasari aspek kompetitif dan kualitas produk dimaksud.
 
Selain dengan pelajar SMK, pemerintah menyiapkan konsorsium perguruan tinggi yang melibatkan UI, ITB, ITS, UGM dan beberapa politeknik untuk mengembangkan peta jalan, desain produk dan terlibat dalam proses produksi laptop lokal. “Kami berharap upaya ini bisa meningkatkan TKDN dan mendukung pembelajaran,” ucap Wikan.
 
Pengamat Teknologi Informasi, Heru Sutadi menilai, kelebihan memakai OS Chrome seperti lebih mudah menggunakan aplikasi yang berbasis Android atau ada di Google Play Store. "Kemudian gratis," kata dia, kemarin.
 
CEO Zyrex Timothy Siddik mengatakan, pihaknya menyediakan tiga tipe laptop Chromebook untuk bidang pendidikan yang menggunakan beberapa prosesor yang sudah sesuai spesifikasi dari pemerintah, misalnya Intel Celeron N4020 dan N4500.
 
Zyrex memiliki kapasitas produksi laptop sebanyak 150.000-300.000 unit per bulan. Laptop buatan Zyrex sudah memiliki TKDN di atas 40%. “Kami masih ingin meningkatkan TKDN agar semakin banyak laptop dalam negeri yang bisa diproduksi,” kata dia.
 
Budi Kartiko, Head of Marketing Advan mengatakan, pihaknya menyediakan satu tipe laptop Chromebook dengan prosesor Intel Celeron N4020 dan telah memenuhi persyaratan TKDN dari pemerintah. Laptop Advan diproduksi di pabrik yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. 
 
CEO TSM Technologies, Yovita Bellina bilang, pihaknya menyediakan dua tipe laptop Chromebook untuk bidang pendidikan yang akan dirilis sebelum akhir 2021. “Untuk produksi massal, kami lakukan di kuartal pertama 2022,” tandas dia.    

Ini Artikel Spesial

Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.

Sudah berlangganan? Masuk

Berlangganan

Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan

Rp 20.000

Kontan Digital Premium Access

Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari

Rp 120.000

Berlangganan dengan Google

Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.

Terbaru
IHSG
7.130,84
0.47%
-33,97
LQ45
928,35
0.75%
-6,99
USD/IDR
16.176
1,91
EMAS
1.321.000
0,00%