Berita Bisnis

Great Eastern Akuisisi QBE General Insurance Indonesia Seharga Rp 406 Miliar

Rabu, 12 Desember 2018 | 23:06 WIB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Great Eastern Holdings, anak usaha OCBC Group, berencana membeli perusahaan asuransi di Indonesia. Perusahaan asuransi yang dimaksud adalah PT QBE General Insurance Indonesia.

Demi mendapatkan QBE, Great Eastern rela merogoh kocek sebesar US$ 28 juta atau setara Rp 406 miliar (kurs US$ 1=Rp 14.500). Meurujuk pada laporan keuangan akhir semester I-2018, nilai buku (book value) dan net tangible asset value QBE mencapai Rp 552 miliar.

Transaksi tersebut diharapkan tuntas pada semester I-2019.

Khor Hock Seng Group Chief Executive Great Eastern Holdings mengatakan, akuisisi tersebut akan melengkapi bisnis asuransi jiwa perusahaan yang kini sudah ada. Kata Hock Seng, penetrasi asuransi non jiwa di Indonesia masih sangat rendah. Sehingga, kondisi tersebut menjadi potensi pasar yang luar biasa besar.

"Akuisisi ini merupakan strategi kami untuk membangun asuransi umum menjadi pilar bisnis yang signifikan," tutur Hock Seng, seperti dikutip The Straits Times, Rabu (12/12). Selain itu, aksi tersebut juga dimaksudkan untuk menancapkan bisnis Great Eastern yang lebih kuat di Indonesia.

Dari situs resmi QBE General Insurance Indonesia diperoleh keterangan bahwa saham mayoritas perusahaan saat ini dikuasai oleh QBE Insurance Group.
 
Sedikit menilik kebelakang, QBE Group pertama kali masuk pasar Indonesia pada seabad yang lalu. QBE mendirikan kantor cabang penuh di Jakarta pada tahun 1913.

 

Reporter: Yuwono Triatmodjo
Editor:


Baca juga