Berita Market

Harga Nikel Global Terus Turun Sejak Transaksi Dibuka Kembali

Selasa, 22 Maret 2022 | 06:00 WIB
Harga Nikel Global Terus Turun Sejak Transaksi Dibuka Kembali

Reporter: Aris Nurjani | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga nikel dunia makin adem. Harga nikel kontrak bergulir tiga bulan di London Metal Exchange berada di US$ 36.915 per ton, Jumat (18/3). Harga nikel anjlok 19% sejak perdagangan dibuka kembali Rabu lalu (16/3).

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuabi menjelaskan, harga nikel naik sebelum ini akibat memanasnya perang Rusia-Ukraina. "Sehubungan dengan kondisi saat ini di Ukraina sudah sedikit stabil dan sempat ada gencatan senjata, harga turun lagi," ujar Ibrahim, Senin (21/3).

Founder Traderindo.com Wahyu Tribowo Laksono menilai, wajar harga nikel terkoreksi seiring meredanya isu geopolitik antara Rusia-Ukraina. Tapi, dalam jangka menengah, harga berpotensi konsolidasi, lantaran isu geopolitik belum usai. "Dalam jangka panjang, potensi bullish, jelas masih terbuka" tutur Wahyu.

Sekadar mengingatkan, perdagangan nikel di LME sempat dihentikan Selasa lalu (8/3), lantaran melesat lebih dari 100% ke US$ 100.000 per ton. Semua transaksi yang dilakukan di hari tersebut dinyatakan batal dan harga dikembalikan ke posisi harga penutupan di hari sebelumnya, US$ 48.078 per ton.

Pihak LME harus menghentikan perdagangan karena banyak investor dalam posisi short dan akan merugi tajam akibat kenaikan tersebut. Perdagangan nikel LME kembali dibuka Rabu lalu.

Ibrahim menilai, saat ini para spekulan di pasar juga mulai merealisasikan keuntungan. Dengan demikian, harga kembali turun dan mendekati harga wajar. "Harga wajar nikel berada di level US$ 19.000 per ton," kata dia.

Meski begitu, jika konflik antara Rusia dan Ukraina kembali memburuk, terbuka peluang harga nikel mencapai US$ 50.000 per ton. Namun  jika ketidakpastian di pasar global mereda, harga nikel akan bergerak turun kembali ke kisaran level support di US$ 22.000 per ton.

Sedangkan Wahyu menghitung, dengan asumsi tren inflasi komoditas inflasi, kebijakan bank sentral global, pasokan, dan prospek baterai kendaraan listrik, harga wajar nikel tahun ini berada di level US$ 40.000 per ton.

 

Terbaru