Ikhtiar Menjadi Kiblat Busana Muslim Dunia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara menduduki peringkat ketiga di dunia untuk kategori busana muslim, tepat di belakang Turki dan Malaysia. Pada 2024, konsumen Indonesia membeli produk busana muslim senilai lebih dari US$ 20 miliar, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata industri ini sekitar 18% per tahun.
Merujuk laporan State of Global Islamic Economy 2023-2024 yang dirilis oleh Lembaga Dinar Standard, pengeluaran konsumen muslim terhadap enam sektor komoditas bisa menembus US$ 3,1 triliun pada tahun 2027. Nilai belanja tersebut tumbuh 4,8% dalam kurun waktu lima tahun, jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang tercatat sebesar US$ 2,29 triliun.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan