Berita Global

Ikuti Jejak Fed, Bank Besar di AS Mulai Menaikkan Suku Bunga Dasar Kredit

Kamis, 17 Maret 2022 | 12:11 WIB
Ikuti Jejak Fed, Bank Besar di AS Mulai Menaikkan Suku Bunga Dasar Kredit

ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas di depan gedung Federal Reserve di Constitution Avenue di Washington, AS, 19 Maret, 2019. REUTERS/Leah Millis

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank-bank besar Amerika Serikat pada Rabu mengatakan akan menaikkan suku bunga pinjaman dasar masing-masing seperempat poin persentase. Pernyataan itu muncul beberapa jam setelah Federal Reserve A.S. menaikkan bunga acuannya, dalam upaya untuk menahan inflasi yang sangat tinggi.

Citigroup Inc, Wells Fargo & Co, JPMorgan Chase & Co dan Bank of America Corp mengatakan masing-masing akan menaikkan suku bunga dasar mereka menjadi 3,5% dari 3,25%, efektif pada Kamis.

Pengumuman tersebut menyusul isyarat The Fed untuk melakukan normalisasi kebijakan secara agresif untuk mengekang laju inflasi yang tinggi di AS.

Baca Juga: Naikkan Bunga, Fed Beri Sinyal Akan Agresif Hadang Laju Inflasi  

Bank sentral menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, mencari untuk melawan risiko ekonomi yang ditimbulkan oleh inflasi yang berlebihan dan perang di Ukraina. 

Pembuat kebijakan mengisyaratkan mereka akan mendorong suku bunga dana federal utama ke kisaran 1,75% hingga 2,00% pada akhir 2022.

Bank, yang menghasilkan uang dari selisih antara apa yang mereka peroleh dari pinjaman dan membayar deposito dan dana lainnya, biasanya berkembang dalam lingkungan suku bunga tinggi.

Baca Juga: Harga Emas Naik Setelah The Fed Naikkan Suku Bunga

Dalam perdagangan setelah pasar, saham bank-bank besar AS masing-masing naik antara 3,3% dan 6,6%. 

The Fed menghadapi tugas untuk memetakan arah ekonomi untuk menghadapi kenaikan suku bunga tanpa mengulangi kesulitan gaya tahun 1970-an di mana kenaikan suku bunga bank sentral untuk melawan inflasi mengakibatkan resesi yang curam.

Inflasi, yang mencapai tiga kali lipat dari target Fed 2% dan isu politik yang hangat, telah diperburuk oleh perang di Eropa yang telah menyebabkan lonjakan harga komoditas dan menumpuk tekanan pada rantai pasokan yang sudah rusak.

 

Terbaru