Berita Global

Ingin Hidupkan Lagi Pariwisata, Vietnam Buka Pintu Secara Bertahap bagi Turis Asing

Sabtu, 20 November 2021 | 19:32 WIB
Ingin Hidupkan Lagi Pariwisata, Vietnam Buka Pintu Secara Bertahap bagi Turis Asing

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID -  HANOI. Sebanyak 200 turis asing yang telah divaksinasi, Sabtu (20/11), tiba di pulau Phu Quoc, Vietnam. Mereka adalah gelombang pertama pengunjung ke negara itu selama hampir dua tahun terakhir. 

Pengendalian perbatasan yang ketat memungkinkan Vietnam menekan penyebaran virus corona, terutama di awal pandemi. Namun, upaya itu merugikan sektor pariwisata yang sedang berkembang, yang biasanya menyumbang sekitar 10% dari produk domestik bruto.

Untuk menghidupkan kembali sektor pariwisatanya, Vietnam membebaskan turis yang divaksinasi dari kewajiban menjalani masa karantina selama dua minggu, menurut pihak berwenang. Namun, para turis diharuskan untuk menikmati liburan mereka hanya di dalam resor mega kompleks Vinpearl. Para turis juga akan menjalani pengetesan sebanyak uji dua kali selama perjalanan mereka.

Baca Juga: Singapura akan melonggarkan pembatasan sosial Covid-19 mulai Senin (22/11)

"Ini adalah langkah pertama dan vital untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata kami dan untuk mempersiapkan dimulainya kembali sepenuhnya tahun depan," kata Nguyen Trung Khanh, ketua administrasi pariwisata negara itu dalam pernyataannya.

"Kami ingin menawarkan pengalaman baru kepada wisatawan di tengah kenormalan baru dimana mereka dapat hidup sepenuhnya di Phu Quoc dan kemudian hidup sepenuhnya di Vietnam," tambah Khanh.

Pihak berwenang pulau berharap untuk menyambut 400.000 wisatawan domestik dan internasional hingga akhir tahun ini.

Destinasi Vietnam lainnya seperti situs warisan dunia UNESCO Hoi An dan pantai Danang juga menyambut wisatawan internasional kembali.

Baca Juga: Hong Kong mengesahkan vaksin Sinovac untuk anak-anak usia 3-17 tahun

Langkah ini mengikuti langkah serupa yang diambil oleh negara tetangga Thailand, yang menjadi tuan rumah bagi turis asing yang divaksinasi untuk liburan bebas karantina awal bulan ini.

Kedatangan turis asing ke Vietnam merosot dari 18 juta pada 2019, ketika pendapatan pariwisata mencapai $31 miliar, atau hampir 12% dari produk domestik bruto, menjadi 3,8 juta tahun lalu.

Vietnam, yang telah menginokulasi lebih dari setengah dari 98 juta penduduknya, berusaha untuk melanjutkan penerbangan komersial internasional mulai Januari tahun depan dan mengincar pariwisata dibuka kembali secara penuh mulai Juni.

Selanjutnya: Di Saat Tekanan China Meningkat, AS dan Taiwan Gelar Dialog Ekonomi Sesi Kedua

 

Terbaru