KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang 2021, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menerima 535 pengaduan konsumen. Angka ini naik dari 2020 dengan 402 aduan.
Dalam menyampaikan aduan, e-mail menjadi akses yang paling banyak konsumen gunakan, mencapai 59%. Sementara penyampaian aduan lainnya oleh konsumen melalui website 19%, tembusan 11%, datang langsung 8%, dan surat langsung 3%. Jenis pengaduan lain adalah dengan telepon, WhatsApp, Instagram, Twitter, dan Facebook.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan