Hanya Rp 10.000 selama 30 hari untuk berita pilihan, independen, dan inspiratif
Berita Bisnis

Jurus Memperluas Pemasaran Cokelat Tempe

Jumat, 12 April 2019 | 18:05 WIB
Jurus Memperluas Pemasaran Cokelat Tempe

Reporter: Dikky Setiawan | Editor: Dikky Setiawan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Banyak cara dilakukan pelaku usaha untuk memperluas jaringan pemasaran bisnisnya. Salah satunya seperti dilakukan Linda Ivone, produsen Cokelat Tempe Edun di Bandung, Jawa Barat.

Untuk memperkenalkan produk cokelat tempenya ke mancanegara, Linda memanfaatkan kerja sampingannya sebagai translator alias penerjemah Bahasa Mandarin, Kanton, dan Pong Thung Hwa di beberapa perusahaan di seantero Bandung Raya.

Linda mengaku, keahliannya tersebut sangat membantu memperluas jaringan pemasaran Cokelat Tempe Edun hingga ke pasar luar negeri. Ketika ada relasi bisnis dari China bertamu ke pabrik-pabrik di Bandung, Linda kerap digunakan jasanya sebagai penerjemah.

Nah, kesempatan itu digunakan Linda untuk mempromosikan produk Cokelat Tempe Edun. Jadi, sambil menyelam minum air. Ketika tamu dari luar negeri itu pulang, saya tawarkan oleh-oleh cokelat tempe. Itulah cikal bakal kenapa produk saya dikenal di luar negeri, kata Linda.

Linda menambahkan, meski hingga kini skala bisnis cokelat miliknya masih usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), namun bisnis yang dijalankan harus memiliki nilai tambah. Kalau UMKM tidak punya diferensiasi atau nilai plus seperti saya, pasti akan gulung tikar, tandas Linda.

Tag

Baca juga