Berita Global

Kesepakatan Pemangkasan Produksi Minyak Bakal Berlanjut

Minggu, 30 Juni 2019 | 07:33 WIB

ILUSTRASI. Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia - Rusia

KONTAN.CO.ID - VIENNA. Negara-negara eksportir kemungkinan besar akan melanjutkan pemangkasan produksi minyak mereka. Perpanjangan kesepakatan pemotongan produksi itu akan ditempuh oleh organization of the petroleum exporting countries (OPEC) dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih pada Minggu (30/6) waktu setempat. Arab Saudi, negara penghasil minyak terbesar di dunia mendukung langkah tersebut. "Saya pikir kemungkinan besar perpanjangan sembilan bulan," kata Falih.

Namun, ia menyebut pemangkasan produksi dalam jumlah yang lebih besar belum diperlukan. Permintaan minyak saat ini memang masih melandai tapi Falih yakin hal itu masih dalam batas yang wajar. Pasar minyak dunia diperkirakan akan seimbang dalam enam hingga sembilan bulan ke depan.

Rusia telah bersepakat dengan Arab Saudi untuk memperpanjang kesepakatan dengan OPEC. Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menyebut, pemangkasan produksi diperlukan lantaran harga minyak masih berada dalam tekanan. Akibat meningkatnya pasokan minyak AS dan melambatnya ekonomi global.

Para menteri perminyakan dari negara-negara OPEC akan menggelar pertemuan di Wina, Austria, pada Senin (1/7) waktu setempat. Hari berikutnya pertemuan OPEC dengan negara-negara produsen minyak non-OPEC akan digelar.

Sumber: Reuters


Baca juga