Berita Market

Ketidakpastian Brexit Menjaga Harga Emas Hari Ini Stabil Di Kisaran US$ 1.480

Rabu, 16 Oktober 2019 | 20:46 WIB
Ketidakpastian Brexit Menjaga Harga Emas Hari Ini Stabil Di Kisaran US$ 1.480

ILUSTRASI. Emas batangan di Austrian Gold and Silver Separating Plant Oegussa di Winna, Austria, 18 Maret 2016.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Harga emas hari ini (16/10) masih stabil di kisaran US$ 1.480 per ons troi, setelah turun hampir 1% di hari sebelumnya. Penyebabnya, bursa saham Eropa tergelincir akibat ketidakpastian kepergian Inggris dari Uni Eropa.

Mengacu Bloomberg pukul 20.38 WIB, harga emas hari ini di pasar spot naik 0,30% ke posisi US$ 1.485,50 per ons troi. Sedang harga emas berjangka Amerika Serikat (AS) naik 0,51% menjadi US$ 1.491,80.

"Euro menguat terhadap dolar AS, pasar saham berbalik sedikit juga, yang tampaknya terkait pembicaraan Brexit setelah euforia kemarin. Tapi, masih ada beberapa risiko dalam pembicaraan ini," kata Peter Fertig, Analis Quantitative Commodity Research, kepada Reuters.

Baca Juga: Harga emas naik 0,24% di level US$ 1.484,56 per ons troi

"Perkembangan dalam perundingan perdagangan AS-China sekali lagi tidak ada artinya, itu adalah gencatan senjata terbaik, tetapi bukan benar-benar perjanjian perdagangan. Sehingga, ketidakpastian ekonomi masih cukup tinggi dan mendukung untuk emas," ujar dia.

Pembicaraan terakhir antara Inggris dan Uni Eropa untuk mendapatkan kesepakatan Brexit yang berlangsung hingga Rabu (16/10) dini hari adalah "konstruktif". Namun, masih belum jelas, apakah Inggris bisa menghindari penundaan kepergian dari Uni Eropa pada 31 Oktober.

Pelaku pasar sekarang menunggu hasil KTT Brexit di Brussels pada Kamis dan Jumat yang akan menentukan, apakah Inggris menuju kesepakatan untuk meninggalkan Uni Eropa pada tanggal jatuh tempo, keluar tanpa kesepakatan yang tidak tertib, atau penundaan.

Baca Juga: Harga emas Antam turun Rp 4.000 pada hari ini

Sementara hubungan AS-China semakin memburuk, menyusul langkah DPR AS pada Selasa (15/10) mengeluarkan empat undang-undang (UU) yang mengambil garis keras atas Beijing. Tiga UU terkait protes pro-demokrasi di Hong Kong, yang mendapat tentangan dari Tiongkok.

"Mengingat beberapa perkembangan terakhir, tampaknya kesepakatan perdagangan lebih sulit tercapai. Tapi, ada dorongan kuat dari kedua belah pihak untuk mencapai semacam kesepakatan selama beberapa bulan mendatang," kata Han Tan, Analis Pasar FXTM, kepada Reuters.

Terbaru