ILUSTRASI. Pengunjung memilih produk alas kaki pada gerai pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (8/11/2022). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)
Reporter: Bidara Pink, Ferry Saputra, Siti Masitoh | Editor: Adinda Ade Mustami
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Konsumsi rumah tangga bakal menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi tahun ini. Meski ada bayang-bayang ancaman resesi global, namun konsumsi domestik lebih disetir oleh faktor dalam negeri. Yaitu, kampanye menuju pemilihan umum (pemilu).
Hitungan Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Leo Putera Rinaldy, akan ada tambahan uang sekitar Rp 118,9 triliun hingga Rp 270,3 triliun pada tahun 2023. Angka tersebut merupakan efek multiplier dari gelontoran uang untuk belanja kampanye menjelang tahun politik.
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? Masuk
Berlangganan Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi, bisnis, dan investasi pilihan
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.