Berita Industri Digital

Laba Bersih Astra Graphia (ASGR) Sembilan Bulan 2022 Terungkit 73,78%

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:19 WIB
Laba Bersih Astra Graphia (ASGR) Sembilan Bulan 2022 Terungkit 73,78%

ILUSTRASI. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) (?Astragraphia?) membukukan laba bersih konsolidasian per 30 September 2022 sebesar Rp64 miliar, naik 74% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.

Sumber: Harian KONTAN | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) mencatatkan kenaikan laba bersih selama sembilan bulan pertama tahun ini  sebesar 73,78% year on year (yoy). Padahal, pendapatan bersihnya hanya tumbuh 3,02% yoy.

Menelisik laporan keuangan ASGR yang berakhir 30 September 2022, laba yang dapat diatribusikan kepada pemilkik entitas induk tercatat Rp 64,28 miliar. Sementara pendapatan bersih mencapai Rp 2,05 triliun.

Kalau diperinci, tiga sumber pendapatan bersih utama ASGR meliputi penjualan barang, sewa serta jasa perbaikan dan pemeliharaan dengan masing-masing menyumbang sekitar Rp 500 miliar. Sisanya adalah pendapatan proyek serta bahan pakai dan jasa alih daya.

Baca Juga: Laba Astra Graphia (ASGR) Tumbuh 74% hingga Kuartal III, Ini Pendorongnya

Lalu dengan beban pokok pendapatan yang kurang lebih sama yakini Rp 1,63 triliun pada periode sembilan bulan pertama tahun ini maupun tahun lalu, kinerja ASGR cukup terbantu oleh penghasilan keuangan dan keuntungan selisih kurs. Masing-masing pos itu tercatat Rp 11,94 miliar dan Rp 4,38 miliar per 30 September 2022.

Sementara itu dalam penjelasan tertulis yang dibagikan kepada media, ASGR mengatakan kenaikan laba bersih berasal dari peningkatan pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen sebesar 10%.

Pendapatan pada unit usaha solusi teknologi informasi juga naik 19% seiring dengan bertambahnya kebutuhan pasar dalam penyediaan layanan IT, software dan hardware.

Sejalan dengan fokus bisnis dalam bidang percetakan dan digital, ASGR akan terus berinovasi . "Astragraphia (juga) terus meningkatkan kontribusi nyata kepada seluruh pemangku kepentingan yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui strategi Triple-P Roadmap (Portfolio, People, Public Contribution)," kata Hendrix Pramana, Presiden Direktur ASGR, Jumat (28/10).

Pada Bulan Agustus dan September 2022, Astragraphia meluncurkan bisnis pencetakan tiga dimensi. Ekspansi itu berjalan melalui PT Astragraphia Xprins Indonesia.

Terbaru