Berita Refleksi

Loss Learning di Masa Pandemi

Oleh Titis Nurdiana - Managing Editor
Rabu, 08 September 2021 | 09:05 WIB
Loss Learning di Masa Pandemi

Reporter: Harian Kontan | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Mutasi virus korona masih mengintai di tengah tren turunnya kasus Covid-19. Jangan lengah, apalagi gegabah dengan tak melakukan pengawasan. Namun, ini juga jangan lantas  menghambat mobilitas.   

Wajar kita was was di tengah belum ada obat cespleng si virus. Kegundahan ini pula yang kini dirasakan orang tua, seiring pembelajaran tatap muka yang secara perlahan mulai dilakukan.

Meski guru di seluruh dunia mencetuskan gaya dan standar pembelajaran yang berbeda selama pandemi 1,9 tahun, namun mereka kompak setuju bahwa komputer bukan tandingan ruang kelas sebagai tempat belajar anak-anak.

Survei McKinsey di delapan negara anggota OECD+China atas efektivitas pendidikan selama pandemi menyebutkan telah terjadi loss learning signifikan di masa pandemi.

Banyak siswa kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik. Terjadi kemunduran proses akademik generasi pelajar era pandemi.

Celakanya, ini harus dibayar mahal karena kehilangan pembelajaran. Meski pembelajaran daring terus mengalami perbaikan kualitas dan sarana, toh ini tak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka.

Di Amerika dan Jepang, survei yang dilakukan pada guru-guru atas efektivitas pembelajaran jarak jauh, 60% hasil survei memberikan nilai 1-3 dari nilai 10. Pembelajaran online tak ubahnya  bolos sekolah. Di Jepang bahkan, hanya 2% responden yang menyebut pelajaran daring bisa menggantikan tatap muka.

Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan (Kemendikbud) tengah bersiap membuka pembelajaran tatap muka, khususnya  sekolah-sekolah yang berada wilayah PPKM level 1-3.

Catatan Kemendikbud,  ada 63% dari total 540.979 satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM level 1-3. Jumlah itu atau sekitar 340.816 sekolah. Namun, baru 77.425 sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.

Tata laksana new normal di sekolah memang sudah disusun, mulai vaksinasi guru, murid, prokes tatap muka serta jika dalam pelaksanaannya tatap mula ditemukan penyebaran virus. 

Inisiasi blended learing dam hybrid learning alias pembelajaran tatap muka terbatas dengan sebagian tetap daring juga sudah disusun.

Hanya pembelajaran tatap muka selalu mundur dari target, mengingat banyak pemerintah daerah yang belum siap membuka sekolah.  Dus, jika berlarut kita semua menghadapi loss learning atas pendidikan generasi penerus bangsa ini. 

Terbaru
IHSG
7.110,81
0.52%
36,99
LQ45
927,64
0.67%
6,18
USD/IDR
16.224
-0,34
EMAS
1.325.000
1,34%