KONTAN.CO.ID - Pedagang kakilima yang berdagang di pinggiran jalan kini bukan lagi identik dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saja. Saat pandemi Covid-19 terjadi, karyawan jaringan perusahaan waralaba global, seperti Pizza Hut dan KFC, pun ramai berjualan di trotoar jalan. Mereka ikut menikmati hasil penjualan produk makanan itu ke pengguna jalan yang lewat.
Pilihan berjualan di pinggir jalan itu tak lepas dari usaha mereka bertahan. Bagaimana tidak? Pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan rencana bisnis yang telah disusun jauh-jauh hari. Dengan berjualan di pinggir jalan, setidaknya pengusaha waralaba global itu bisa mengantongi pendapatan ketimbang tak ada sama sekali.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan