Berita Market

Optimisme Kesepakatan Dagang AS-China Bikin Harga Emas Hari Ini Turun Tipis

Selasa, 22 Oktober 2019 | 23:05 WIB

ILUSTRASI. Petugas menunjukkan sampeli emas batangan di Butik Emas Logam Mulia Mall Ambasador, Jakarta, Senin (24/6/2019).

KONTAN.CO.ID - Harga emas hari ini (22/10) beringsut turun, lantaran prospek perjanjian perdagangan AS-China. Tapi, pemungutan suara penting oleh Parlemen Inggris atas kesepakatan Brexit membatasi penurunan harga emas.

Mengacu Bloomberg pukul 23.59 WIB, harga emas hari ini di pasar spot tutun tipis 0,3% menjadi US$ 1.484,04 per ons troi, setelah mencapai level terendah selama satu pekan di posisi US$ 1.480,44.

Wakil Menteri Luar Negeri Cina Le Yucheng pada Selasa (22/10) mengatakan, China dan AS telah mencapai beberapa kemajuan dalam pembicaraan perdagangan mereka.

Baca Juga: Jelang Pemungutan Suara Brexit, Harga Emas Hari Ini Mendaki Coba Tembus US$ 1.490

Komentar itu muncul sehari setelah Presiden AS Donald Trump berbicara tentang optimisme tentang kesepakatan. Sementara Penasihat Gedung Putih Larry Kudlow bilang, pemberlakuan tarif tambahan atas barang-barang China pada Desember bisa batal jika pembicaraan berjalan baik.

"Pelaku pasar melihat semua berita Brexit dan itu adalah kekhawatiran baru, dan kekhawatiran baru menambah dukungan untuk emas," kata George Gero, Managing Director RBC Wealth Management, kepada Reuters.

"Dan, alasan mengapa emas tidak mengalami reli yang lebih kuat adalah karena (optimisme) perundingan tarif AS-China," ujar dia.

Baca Juga: Harga emas stabil di level US$ 1.484,51 per ons troi, ini sentimennya

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menghadapi dua pemungutan suara penting di parlemen pada Selasa (22/10) yang akan memutuskan, apakah ia bisa memenuhi janjinya untuk memimpin Inggris keluar dari Uni Eropa dalam waktu sembilan hari.

Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan


Baca juga