Pasarnya di Rusia dan China Suram, Stellantis Menargetkan Pertumbuhan di India

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:50 WIB
Pasarnya di Rusia dan China Suram, Stellantis Menargetkan Pertumbuhan di India
[ILUSTRASI. FILE PHOTO: Logo Stellantis di depan pabrik FCA Mirafiori di Turin, Italia, January 18, 2021. REUTERS/Massimo Pinca/File Photo]
Reporter: Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Stellantis mengharapkan India menjadi pasar yang menguntungkan dan menawarkan pertumbuhan yang lebih besar daripada yang diperkirakan produsen mobil sebelumnya. Pandangan Carlos Tavares, pimpinan Stellantis itu, muncul di saat produsen mobil tersebut menghadapi tantangan di China dan Rusia.

India, yang merupakan pasar bagi Jeep dan Citroen, hanya menyumbang sebagian kecil dari penjualan global Stellantis. Tetapi Tavares mengatakan dia memperkirakan pendapatan di negara Asia Selatan itu akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2030 dan margin laba operasi akan menjadi dua digit dalam tahun-tahun berikutnya. 

Produsen mobil Eropa dan Amerika Serikat (AS) selama ini kesulitan untuk menghasilkan uang di India. Pasar otomotif negeri tersebut didominasi oleh Suzuki Motor Asia dan Hyundai Motor, yang mengandalkan mobil compact juga entry level.

"Untuk mencetak untung di India berarti melakukan sesuai dengan cara India," kata Tavares di meja bundar media virtual Selasa malam.

Baca Juga: Grup Hyundai Siapkan Investasi Rp 243,6 Triliun untuk Perluas Bisnis Mobil Listrik

Menurut dia, cara India itu berarti mencari suku cadang secara lokal dan mengintegrasikan rantai pasokan secara vertikal untuk menjaga biaya tetap rendah, dan merekayasa mobil secara lokal dengan fitur yang diinginkan dan bersedia dibayar oleh konsumen India.

Stellantis, yang dibentuk pada awal 2021 melalui penggabungan PSA Prancis dengan Fiat Chrysler (FCA), pada bulan Maret menguraikan strategi grup baru untuk meningkatkan pendapatan dan menjaga margin keuntungan tetap tinggi seiring dengan upaya untuk meluncurkan kendaraan listrik (EV).

Fokus ke India datang pada saat produsen mobil terbesar keempat di dunia menghadapi angin sakal di China, di mana perusahaan itu harus mengubah strategi untuk mengejar ketertinggalan di pasar.  Di Rusia, Stellantis harus menangguhkan produksi karena perang Ukraina. "Tantangannya ... memberi India peluang yang lebih besar, bahkan lebih besar daripada di masa lalu," kata Tavares.

Inti dari rencananya di India adalah program platform mobil pintar Stellantis yang telah dikembangkan di negara itu untuk memungkinkannya meluncurkan mobil kecil bertenaga bensin dengan panjang kurang dari empat meter, kata Tavares. Mobil kecil dikenai pajak dengan tarif lebih rendah, sehingga lebih terjangkau.

Ini juga akan meluncurkan versi listrik dari mobil kecilnya mulai tahun depan, katanya.

Mobil kecil telah menjadi kelemahan bagi sebagian besar pembuat mobil global di India dan mencoba untuk bersaing di ruang itu telah menjadi perlombaan ke bawah untuk orang-orang seperti Ford dan General Motors, yang mengarah ke jalan keluar mereka.

Tapi Tavares yakin dengan pendekatan Stellantis sebelum membangun mobil, ia telah memperkuat rantai pasokannya.

Stellantis memproduksi powertrain dan girboksnya secara lokal dan memasok lebih dari 90% konten kendaraan di India. Pabrik mesinnya di India selatan merupakan tolok ukur global dalam hal biaya dan kualitas dan berencana melakukan hal yang sama di dua pabrik mobilnya, di mana ia memproduksi SUV Jeep dan mobil Citroen, kata Tavares.

Baca Juga: Kinerja Emiten Otomotif dan Pendukungnya Masih Ngegas

"Kami telah bekerja selama bertahun-tahun sekarang pada lokalisasi, integrasi vertikal di India, untuk menikmati penghematan cerdas India," katanya. Stellantis telah menginvestasikan lebih dari satu miliar euro ($ 1,05 miliar) dalam operasinya di India sejak 2015.

Pembuat mobil juga ingin mendapatkan sel dan baterai dari India setiap kali rantai pasokan berkembang, kata Tavares, menambahkan bahwa ini akan menjadi satu-satunya cara untuk membangun EV yang terjangkau.

Stellantis memiliki kurang dari 1% dari pasar mobil India sebanyak 3 juta unit per tahun tetapi Tavares mengatakan dia tidak mengejar volume di India atau secara global. "Kami percaya dunia sedang berubah dan dalam beberapa kasus menjadi terlalu besar bisa menjadi hukuman," katanya.

Bagikan

Berita Terbaru

Mengukur Prospek Saham Sektor Infrastruktur
| Senin, 22 Desember 2025 | 02:22 WIB

Mengukur Prospek Saham Sektor Infrastruktur

Penguatan Indeks Infrastruktur sepanjang 2025 ditopang oleh subsektor telekomunikasi dan infrastruktur digital

Saham Perkapalan Mengangkat Sauh, Cuma Gorengan atau Fundamental yang Mulai Berlayar?
| Minggu, 21 Desember 2025 | 10:10 WIB

Saham Perkapalan Mengangkat Sauh, Cuma Gorengan atau Fundamental yang Mulai Berlayar?

Sepanjang tahun 2025 berjalan, harga saham emiten kapal mengalami kenaikan harga signifikan, bahkan hingga ratusan persen.

Analisis Astra International, Bisnis Mobil Lesu tapi Saham ASII  Malah Terbang 31,85%
| Minggu, 21 Desember 2025 | 09:05 WIB

Analisis Astra International, Bisnis Mobil Lesu tapi Saham ASII Malah Terbang 31,85%

Peluncuran produk baru seperti Veloz Hybrid diharapkan bisa menjadi katalis penahan penurunan volume penjualan. 

Embusan Angin Segar Bagi Investor Saham dan Kripto di Indonesia dari Amerika
| Minggu, 21 Desember 2025 | 08:31 WIB

Embusan Angin Segar Bagi Investor Saham dan Kripto di Indonesia dari Amerika

Kebijakan QE akan mengubah perilaku investor, perbankan dan institusi memegang dana lebih hasil dari suntikan bank sentral melalui obligasi. 

Nilai Tukar Rupiah Masih Tertekan di Akhir Tahun
| Minggu, 21 Desember 2025 | 08:30 WIB

Nilai Tukar Rupiah Masih Tertekan di Akhir Tahun

Mengutip Bloomberg, rupiah di pasar spot melemah 0,16% secara harian ke Rp 16.750 per dolar AS pada Jumat (19/12)

Akuisisi Tambang Australia Tuntas, Bumi Resources Gelontorkan Duit Rp 346,9 Miliar
| Minggu, 21 Desember 2025 | 08:15 WIB

Akuisisi Tambang Australia Tuntas, Bumi Resources Gelontorkan Duit Rp 346,9 Miliar

Transformasi bertahap ini dirancang untuk memperkuat ketahanan BUMI, mengurangi ketergantungan pada satu siklus komoditas.

Rajin Ekspansi Bisnis, Kinerja Grup Merdeka Masih Merana, Ada Apa?
| Minggu, 21 Desember 2025 | 08:06 WIB

Rajin Ekspansi Bisnis, Kinerja Grup Merdeka Masih Merana, Ada Apa?

Tantangan utama bagi Grup Merdeka pada 2026 masih berkaitan dengan volatilitas harga komoditas, terutama nikel. 

Chandra Asri Pacific (TPIA) Terbitkan Obligasi Sebesar Rp 1,5 Triliun
| Minggu, 21 Desember 2025 | 07:42 WIB

Chandra Asri Pacific (TPIA) Terbitkan Obligasi Sebesar Rp 1,5 Triliun

Dana bersih dari hasil obligasi ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan seluruhnya untuk keperluan modal kerja. 

Kelolaan Reksadana Syariah Tumbuh Subur di 2025
| Minggu, 21 Desember 2025 | 07:00 WIB

Kelolaan Reksadana Syariah Tumbuh Subur di 2025

Dana kelolaan reksadana syariah mencapai Rp 81,54 triliun per November 2025, meningkat 61,30% secara year-to-date (ytd). 

Menjaga Keseimbangan Cuan Bisnis Bank Syariah & ESG
| Minggu, 21 Desember 2025 | 06:10 WIB

Menjaga Keseimbangan Cuan Bisnis Bank Syariah & ESG

Di tengah dorongan transisi menuju ekonomi rendah karbon, perbankan diposisikan sebagai penggerak utama pembiayaan berkelanjutan.

INDEKS BERITA