Pasarnya di Rusia dan China Suram, Stellantis Menargetkan Pertumbuhan di India

Rabu, 18 Mei 2022 | 16:50 WIB
Pasarnya di Rusia dan China Suram, Stellantis Menargetkan Pertumbuhan di India
[ILUSTRASI. FILE PHOTO: Logo Stellantis di depan pabrik FCA Mirafiori di Turin, Italia, January 18, 2021. REUTERS/Massimo Pinca/File Photo]
Reporter: Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Stellantis mengharapkan India menjadi pasar yang menguntungkan dan menawarkan pertumbuhan yang lebih besar daripada yang diperkirakan produsen mobil sebelumnya. Pandangan Carlos Tavares, pimpinan Stellantis itu, muncul di saat produsen mobil tersebut menghadapi tantangan di China dan Rusia.

India, yang merupakan pasar bagi Jeep dan Citroen, hanya menyumbang sebagian kecil dari penjualan global Stellantis. Tetapi Tavares mengatakan dia memperkirakan pendapatan di negara Asia Selatan itu akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2030 dan margin laba operasi akan menjadi dua digit dalam tahun-tahun berikutnya. 

Produsen mobil Eropa dan Amerika Serikat (AS) selama ini kesulitan untuk menghasilkan uang di India. Pasar otomotif negeri tersebut didominasi oleh Suzuki Motor Asia dan Hyundai Motor, yang mengandalkan mobil compact juga entry level.

"Untuk mencetak untung di India berarti melakukan sesuai dengan cara India," kata Tavares di meja bundar media virtual Selasa malam.

Baca Juga: Grup Hyundai Siapkan Investasi Rp 243,6 Triliun untuk Perluas Bisnis Mobil Listrik

Menurut dia, cara India itu berarti mencari suku cadang secara lokal dan mengintegrasikan rantai pasokan secara vertikal untuk menjaga biaya tetap rendah, dan merekayasa mobil secara lokal dengan fitur yang diinginkan dan bersedia dibayar oleh konsumen India.

Stellantis, yang dibentuk pada awal 2021 melalui penggabungan PSA Prancis dengan Fiat Chrysler (FCA), pada bulan Maret menguraikan strategi grup baru untuk meningkatkan pendapatan dan menjaga margin keuntungan tetap tinggi seiring dengan upaya untuk meluncurkan kendaraan listrik (EV).

Fokus ke India datang pada saat produsen mobil terbesar keempat di dunia menghadapi angin sakal di China, di mana perusahaan itu harus mengubah strategi untuk mengejar ketertinggalan di pasar.  Di Rusia, Stellantis harus menangguhkan produksi karena perang Ukraina. "Tantangannya ... memberi India peluang yang lebih besar, bahkan lebih besar daripada di masa lalu," kata Tavares.

Inti dari rencananya di India adalah program platform mobil pintar Stellantis yang telah dikembangkan di negara itu untuk memungkinkannya meluncurkan mobil kecil bertenaga bensin dengan panjang kurang dari empat meter, kata Tavares. Mobil kecil dikenai pajak dengan tarif lebih rendah, sehingga lebih terjangkau.

Ini juga akan meluncurkan versi listrik dari mobil kecilnya mulai tahun depan, katanya.

Mobil kecil telah menjadi kelemahan bagi sebagian besar pembuat mobil global di India dan mencoba untuk bersaing di ruang itu telah menjadi perlombaan ke bawah untuk orang-orang seperti Ford dan General Motors, yang mengarah ke jalan keluar mereka.

Tapi Tavares yakin dengan pendekatan Stellantis sebelum membangun mobil, ia telah memperkuat rantai pasokannya.

Stellantis memproduksi powertrain dan girboksnya secara lokal dan memasok lebih dari 90% konten kendaraan di India. Pabrik mesinnya di India selatan merupakan tolok ukur global dalam hal biaya dan kualitas dan berencana melakukan hal yang sama di dua pabrik mobilnya, di mana ia memproduksi SUV Jeep dan mobil Citroen, kata Tavares.

Baca Juga: Kinerja Emiten Otomotif dan Pendukungnya Masih Ngegas

"Kami telah bekerja selama bertahun-tahun sekarang pada lokalisasi, integrasi vertikal di India, untuk menikmati penghematan cerdas India," katanya. Stellantis telah menginvestasikan lebih dari satu miliar euro ($ 1,05 miliar) dalam operasinya di India sejak 2015.

Pembuat mobil juga ingin mendapatkan sel dan baterai dari India setiap kali rantai pasokan berkembang, kata Tavares, menambahkan bahwa ini akan menjadi satu-satunya cara untuk membangun EV yang terjangkau.

Stellantis memiliki kurang dari 1% dari pasar mobil India sebanyak 3 juta unit per tahun tetapi Tavares mengatakan dia tidak mengejar volume di India atau secara global. "Kami percaya dunia sedang berubah dan dalam beberapa kasus menjadi terlalu besar bisa menjadi hukuman," katanya.

Bagikan

Berita Terbaru

Berebut Ceruk Pasar Bus Premium di Penghujung Tahun
| Minggu, 07 Desember 2025 | 06:10 WIB

Berebut Ceruk Pasar Bus Premium di Penghujung Tahun

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, demam perjalanan darat mulai terasa. Kursi sleeper bus diburu pelancong untuk liburan.

 
Rupiah Terangkat Pelemahan Dolar Selama Sepekan Terakhir
| Minggu, 07 Desember 2025 | 06:00 WIB

Rupiah Terangkat Pelemahan Dolar Selama Sepekan Terakhir

Sepekan ini dolar AS cukup tertekan oleh meningkatnya prospek pemangkasan suku bunga oleh the Federal Reserve (The Fed).

Saham Kapitalisasi Kecil Mengangkat IHSG Capai Rekor Tertinggi 8.689,1
| Minggu, 07 Desember 2025 | 06:00 WIB

Saham Kapitalisasi Kecil Mengangkat IHSG Capai Rekor Tertinggi 8.689,1

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,46% sepekan periode 1-5 Desember 2025. IHSG ditutup pada 8.632,76.

Kurangi Ketergatungan Kentang Impor, PepsiCo Indonesia Adopsi Cara Thailand,
| Minggu, 07 Desember 2025 | 05:45 WIB

Kurangi Ketergatungan Kentang Impor, PepsiCo Indonesia Adopsi Cara Thailand,

Untuk memastikan ketersediaan bahan baku kentang, PepsiCo Indonesia menggandeng petani di Jawa Barat. 

Bisnis yang Cuan Saat Musim Liburan Anak-anak Tiba
| Minggu, 07 Desember 2025 | 05:40 WIB

Bisnis yang Cuan Saat Musim Liburan Anak-anak Tiba

Menyambut musim liburan, berbagai kelas bermain untuk anak kini dibuka dengan ragam aktivitas seru yang mengasah kreativitas.

 
Alasan Kenapa Bukan Bencana Nasional
| Minggu, 07 Desember 2025 | 05:35 WIB

Alasan Kenapa Bukan Bencana Nasional

​Perlu dipahami, penetapan status bencana sebagai bencana nasional itu bukan soal terminologi semata.

Intraco Penta (INTA) Siapkan Strategi Demi Cetak Laba
| Sabtu, 06 Desember 2025 | 08:15 WIB

Intraco Penta (INTA) Siapkan Strategi Demi Cetak Laba

Rugi bersih INTA terpangkas 31,48% secara tahunan atau year on year (yoy), dari Rp 72,49 miliar jadi Rp 49,67 miliar per September 2025.

Pemerintah Awasi Kepatuhan Wajib Pajak
| Sabtu, 06 Desember 2025 | 07:48 WIB

Pemerintah Awasi Kepatuhan Wajib Pajak

Pemerintah tengah menyusun aturan berupa rancangan peraturan menteri keuangan terkait pengawasan kepatuhan wajib pajak

Asa Adhi Karya (ADHI) pada Anggaran Infrastruktur
| Sabtu, 06 Desember 2025 | 07:45 WIB

Asa Adhi Karya (ADHI) pada Anggaran Infrastruktur

Untuk tahun depan, ADHI memasang target agresif dengan membidik kontrak baru senilai Rp 23,8 triliun.

Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Akuisisi Guna Tingkatkan Kinerja
| Sabtu, 06 Desember 2025 | 07:30 WIB

Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) Akuisisi Guna Tingkatkan Kinerja

Mengupas prospek bisnis PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) pasca merampungkan akuisisi PT Sawit Mandiri Lestari

INDEKS BERITA