Berita Bisnis

PCAR Operasikan Lagi Pabrik Pengolahan di Indramayu

Selasa, 29 Juni 2021 | 23:34 WIB
PCAR Operasikan Lagi Pabrik Pengolahan di Indramayu

ILUSTRASI. Produk olahan makanan laut PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR).

Reporter: Vina Elvira | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen daging rajungan yang dipasteurisasi PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) mulai kembali mengoperasikan salah satu pabrik mereka di Indramayu, Jawa Barat. Langkah ini untuk mendorong kontribusi terhadap kinerja perusahaan di sepanjang tahun ini.

Sekretaris Perusahaan PT Prima Cakrawala Abadi Tbk, Baradian Ferry berujar, pihaknya sudah mendapatkan kontrak kerja sama dengan salah satu importir terbesar di Amerika Serikat. Sehingga permintaan produk dari pabrik Indramayu dapat terjamin.  

"Upaya perusahaan untuk menggenjot pendapatan di tahun ini adalah dengan mengoperasikan kembali pabrik di Indramayu," ujar dia, Jumat (25/6) pekan lalu.
Baradian tidak memerinci lebih lanjut berapa nilai kontrak yang dipegang dari hasil kerja sama dengan importir asal AS tersebut. Namun berdasarkan catatan KONTAN, setelah beroperasi, pabrik Indramayu ini disebut akan memiliki kapasitas produksi sebesar 45 ton hingga 60 ton per bulan, naik dari kapasitas semula 37,5 ton per bulan.

Hingga saat ini, pabrik Indramayu masih tahap penyelesaian renovasi guna menyesuaikan dengan standar yang diminta mitra pengelola. Untuk menggenjot penjualan tahun ini, PCAR berupaya mengerek volume produksi dan penjualan dari pabrik mereka yang berlokasi di Makassar.

Kemudian, meningkatkan penetrasi pasar untuk produk ikan beku. "Serta memperluas jaringan pemasok bahan baku ke pabrik di Sulawesi," terang Baradian.
Selain itu, PCAR bakal mencoba mencari peluang baru untuk meningkatkan pasar produk ikan beku yang baru dijalankan pada tahun lalu. Baradian menyebutkan, sampai saat ini produk ikan beku PCAR dipasok ke beberapa pelanggan dari Taiwan dan Tiongkok melalui agen di Indonesia.

Terbaru