KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri konsumer masih akan menghadapi sejumlah tekanan pada tahun depan. Mulai dari kenaikan upah minimum hingga kondisi makro Indonesia yang relatif masih lemah karena faktor pergeseran perilaku belanja konsumen.
Hal itu setidaknya tergambar dari laba PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR, anggota indeks Kompas100) di kuartal III-2019 yang merosot 24,31% ketimbang periode yang sama tahun lalu atau year on year (yoy).
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan atau membeli artikel ini.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Berlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.