Pemodal Asing Kuasai Lapak Toko Online di Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan bisnis toko online atau e-commerce di Indonesia semakin ketat. Di tengah kondisi ekonomi yang melemah dan pasar yang mulai matang, hal itu memaksa para pemain untuk berkonsolidasi. Ujung-ujungnya, dominasi pemodal asing di lanskap bisnis ini kian kental.
Kondisi ini semakin terkonfirmasi setelah ByteDance, pemilik Tiktok asal Tiongkok, mengambil alih Tokopedia dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Alhasil, kini tersisa Blibli (Grup Djarum) sebagai platform e-commerce lokal yang bisa bersaing di pusaran bisnis marketplace Indonesia.
Ini Artikel Spesial
Agar bisa lanjut membaca sampai tuntas artikel ini, pastikan Anda sudah berlangganan.
Sudah berlangganan? MasukBerlangganan dengan Google
Gratis uji coba 7 hari pertama. Anda dapat menggunakan akun Google sebagai metode pembayaran.
Kontan Digital Premium Access
Business Insight, Epaper Harian + Tabloid, Arsip Epaper 30 Hari
Rp 120.000
Business Insight
Hanya dengan 20rb/bulan Anda bisa mendapatkan berita serta analisis ekonomi bisnis dan investasi pilihan