Berita *Global

Penyaluran Kredit Baru Perbankan di China Melampaui Ekspektasi

Senin, 11 April 2022 | 16:12 WIB
Penyaluran Kredit Baru Perbankan di China Melampaui Ekspektasi

ILUSTRASI. Kantor pusat bank sentral China di Beijing, China, 3 Februari 2020. REUTERS/Jason Lee/File Photo

Sumber: Reuters | Editor: Thomas Hadiwinata

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kredit baru perbankan di China selama Maret meningkat lebih dari yang diharapkan. Kredit secara keseluruhan meningkat lebih cepat dari kenaikan di bulan sebelumnya karena bank sentral mempertahankan kebijakan yang akomodatif untuk mendukung ekonomi yang melambat.

Perbankan China menyalurkan pinjaman baru senilai 3,13 triliun yuan ($492 miliar) selama Maret, naik tajam dari Februari dan melebihi ekspektasi analis, demikian ditunjukkan oleh data People's Bank of China yang dirilis pada Senin.

Analis yang disurvei Reuters telah memperkirakan pinjaman yuan baru akan naik menjadi 2,68 triliun yuan pada bulan Maret. Pinjaman baru lebih tinggi dari 2,73 triliun yuan tahun sebelumnya. Itu mendorong pinjaman bank pada kuartal pertama ke rekor 8,34 triliun yuan, naik 8,7% dari 7,67 triliun yuan pada kuartal pertama 2021 - rekor sebelumnya.

Baca Juga: Rusia Kena Sanksi, Batubara Indonesia Menjadi Incaran Pembeli Eropa

Kabinet China pekan lalu mengusulkan sejumlah program baru untuk mendorong ekonomi yang tengah tertekan gelombang baru infeksi Covid-19 dan pemulihan global yang melambat. 

Untuk memacu pertumbuhan, bank sentral telah memangkas suku bunga dan rasio persyaratan cadangan bank (RRR), dengan langkah-langkah pelonggaran lebih diharapkan. 

Pasokan uang yang luas (M2) tumbuh 9,7% dari tahun sebelumnya, data bank sentral menunjukkan. Angka itu di atas perkiraan perkiraan 9,2% dalam jajak pendapat Reuters. M2 tumbuh 9,2% di bulan Februari dari tahun lalu.

Baca Juga: Ekonom Celios Sarankan Pemerintah Tambah Subsidi Energi Minimal Rp 66 triliun

Pinjaman yuan yang beredar tumbuh 11,4% dari tahun sebelumnya dibandingkan dengan pertumbuhan 11,4% di bulan Maret. Analis memperkirakan pertumbuhan 11,4%.

Pertumbuhan total pembiayaan sosial (TSF) yang luar biasa, ukuran luas kredit dan likuiditas dalam perekonomian, meningkat menjadi 10,6% di bulan Maret dari tahun sebelumnya dan dari 10,2% di bulan Februari.

TSF mencakup bentuk pembiayaan off-balance sheet yang ada di luar sistem pinjaman bank konvensional, seperti penawaran umum perdana, pinjaman dari perusahaan perwalian dan penjualan obligasi.

Pada Maret, TSF naik tajam menjadi 4,65 triliun yuan dari 1,19 triliun yuan di Februari. Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan TSF Maret sebesar 3,7 triliun yuan.

Terbaru