Berita Mata Uang

Pergerakan Rupiah (11/1) Dilanda Katalis Negatif

Rabu, 11 Januari 2023 | 04:20 WIB
Pergerakan Rupiah (11/1) Dilanda Katalis Negatif

Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rupiah masih dibayangi sentimen negatif. Alhasil, rupiah diprediksi melemah pada Rabu (11/1). Pelaku pasar akan menanti data inflasi AS yang dirilis pada Kamis. 

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf bilang, aksi jual investor di bursa saham membuat rupiah tertekan. Selain itu, pelaku pasar juga mengantisipasi pidato Chairman The Fed Jerome Powell. Jika pernyataan Powell hawkish, maka dollar AS akan menguat. 

Baca Juga: Indeks Dolar Menyentuh Level Terendah Tujuh Bulan Terakhir, Ini Penyebabnya

Pemberat rupiah lain adalah pembukaan ekonomi China yang mendorong asing mengalihkan dana ke negeri panda tersebut. "Harga komoditas andalan ekspor Indonesia yang turun juga menambah beban," ujar Alwi, kemarin. 

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri menyebut, pelaku pasar juga menanti rilis inflasi AS yang diprediksi menurun ke bawah 7%. Namun, Reny menilai rupiah masih akan menguat karena cadangan devisa naik dan indeks kepercayaan konsumen yang optimistis.

Reny memprediksi rupiah akan bergerak antara Rp 15.534-15.615 hari ini. Alwi memperkirakan rupiah bergerak di rentang Rp 15.490-Rp 15.635. 

Kemarin, kurs spot rupiah turun tipis 0,05% ke Rp 15.576. Kurs JISDOR turun 0,1% ke Rp 15.589 per dollar AS. 

Baca Juga: Melemah Hari Ini, Berikut Prediksi Rupiah Rabu (11/1)

Terbaru